FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM

SOCIETYSOCIETY

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah, kendala-kendala, dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah: a) Membuat perencanaan; b) Pengorganisasian; c) Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah; d) Membimbing; e) Evaluasi; dan f) Menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Adapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah profesionalisme guru yang masih rendah, tingkat pendidikan guru masih ada yang tidak memenuhi syarat, sarana dan prasarana pembelajaran belum lengkap, kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat siswa kurang mencerminkan budaya pendidikan, tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua siswa yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah, kendala-kendala, dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah.c) Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah.Adapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah profesionalisme guru yang masih rendah, tingkat pendidikan guru masih ada yang tidak memenuhi syarat, sarana dan prasarana pembelajaran belum lengkap, kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat siswa kurang mencerminkan budaya pendidikan, tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua siswa yang rendah.Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel terwujud melalui pelaksanaan enam fungsi utama.perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pembimbingan, evaluasi, dan peran sebagai supervisor.Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pengaruh pelatihan kepemimpinan berbasis kompetensi terhadap perubahan perilaku kepala madrasah dalam memotivasi guru, serta sejauh mana penguatan peran orang tua dalam mendukung budaya belajar di rumah dapat memperkuat efektivitas pembelajaran di sekolah.Selain itu, perlu diteliti dampak penggunaan teknologi sederhana, seperti aplikasi komunikasi berbasis ponsel, dalam meningkatkan koordinasi dan umpan balik antara kepala madrasah, guru, dan orang tua siswa di lingkungan dengan keterbatasan infrastruktur.Studi ini juga bisa membandingkan efektivitas strategi yang digunakan di MTs Darul Quran Bengkel dengan madrasah serupa di daerah lain yang memiliki tingkat ekonomi dan pendidikan orang tua yang sebanding, untuk mengidentifikasi faktor kunci keberhasilan yang dapat diadopsi secara lebih luas.Upaya mengatasi kendala dilakukan melalui pelatihan guru, kerja sama dengan dinas pendidikan, studi banding, MGMP, penegakan disiplin, dan pemberian reward, meskipun hasilnya memerlukan proses jangka panjang.KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS DARUL QURAN BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2017/2018.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah, kendala-kendala, dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah.c) Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah.Adapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Quran Bengkel adalah profesionalisme guru yang masih rendah, tingkat pendidikan guru masih ada yang tidak memenuhi syarat, sarana dan prasarana pembelajaran belum lengkap, kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat siswa kurang mencerminkan budaya pendidikan, tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua siswa yang rendah.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pengaruh pelatihan kepemimpinan berbasis kompetensi terhadap perubahan perilaku kepala madrasah dalam memotivasi guru, serta sejauh mana penguatan peran orang tua dalam mendukung budaya belajar di rumah dapat memperkuat efektivitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, perlu diteliti dampak penggunaan teknologi sederhana, seperti aplikasi komunikasi berbasis ponsel, dalam meningkatkan koordinasi dan umpan balik antara kepala madrasah, guru, dan orang tua siswa di lingkungan dengan keterbatasan infrastruktur. Studi ini juga bisa membandingkan efektivitas strategi yang digunakan di MTs Darul Quran Bengkel dengan madrasah serupa di daerah lain yang memiliki tingkat ekonomi dan pendidikan orang tua yang sebanding, untuk mengidentifikasi faktor kunci keberhasilan yang dapat diadopsi secara lebih luas.

  1. #kepemimpinan kepala madrasah#kepemimpinan kepala madrasah
Read online
File size570.17 KB
Pages16
DMCAReport

Related /

ads-block-test