POLTEKMUPOLTEKMU

Jurnal MedikaJurnal Medika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa mampu meningkatkan strategi menulis mereka dan apakah siswa mampu menggunakan Strategi Daftar, Bertanya, dan Mencatat dalam menulis atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test satu kelompok. Populasi penelitian adalah siswa kelas dua Analkes Muhammdiyah Makassar. Sampelnya adalah 24 siswa dengan menggunakan purposive sampling dengan mengambil satu kelas. Data dianalisis ke dalam persentase, analisis skor rata-rata dan nilai t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi menulis siswa, pada pre-test adalah X1 = 54,6 dan post-test X2 = 71,1. Hasil nilai t-test adalah (24,19) lebih besar dari nilai t-tabel (2,601) ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Terdapat perbedaan signifikan prestasi menulis siswa sebelum dan sesudah penyajian materi dengan menggunakan strategi LINK. Berdasarkan temuan dan diskusi penelitian, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan Strategi Daftar, Bertanya, Mencatat dapat meningkatkan kemampuan siswa Analkes Muhammadiyah dalam menulis.

Berdasarkan hasil analisis data dan temuan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hasil antara pre-test dan post-test siswa yang diajarkan menulis teks deskriptif melalui List, Inquire, Note signifikan, dimana skor rata-rata menulis siswa pada pre-test adalah 54,6 diklasifikasikan sebagai skor buruk hingga sedang dan skor rata-rata menulis siswa pada post-test adalah 71,1 diklasifikasikan sebagai skor rata-rata hingga baik.Penggunaan Strategi List, Inquire, Note, Know dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sebelas Analkes Muhammadiyah sebelum diajarkan List, Inquire, Note melalui metode teks deskriptif, prestasi siswa dalam menulis diklasifikasikan buruk hingga sedang.Berdasarkan hasil data di atas peneliti menyimpulkan bahwa, “menggunakan List, Inquire, Note secara efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas strategi List, Inquire, Note (LIN) dalam meningkatkan kemampuan menulis pada berbagai jenis teks, seperti teks argumentatif atau naratif, untuk melihat apakah strategi ini memberikan manfaat yang konsisten di berbagai genre penulisan. Studi lanjutan juga bisa membandingkan efektivitas strategi LIN dengan strategi pembelajaran menulis lainnya, seperti mind mapping atau peer review, untuk mengidentifikasi pendekatan mana yang paling efektif dalam konteks tertentu. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana faktor-faktor seperti gaya belajar siswa, tingkat motivasi, dan latar belakang bahasa mempengaruhi efektivitas strategi LIN, sehingga guru dapat menyesuaikan implementasi strategi ini agar sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Penelitian lanjutan dapat menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses kognitif dan afektif yang terlibat dalam penggunaan strategi LIN, serta dampaknya terhadap kualitas tulisan siswa.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas v#siswa kelas v
Read online
File size308.63 KB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test