POLTEKMUPOLTEKMU
Jurnal MedikaJurnal MedikaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa mampu meningkatkan strategi menulis mereka dan apakah siswa mampu menggunakan Strategi Daftar, Bertanya, dan Mencatat dalam menulis atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test satu kelompok. Populasi penelitian adalah siswa kelas dua Analkes Muhammdiyah Makassar. Sampelnya adalah 24 siswa dengan menggunakan purposive sampling dengan mengambil satu kelas. Data dianalisis ke dalam persentase, analisis skor rata-rata dan nilai t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi menulis siswa, pada pre-test adalah X1 = 54,6 dan post-test X2 = 71,1. Hasil nilai t-test adalah (24,19) lebih besar dari nilai t-tabel (2,601) ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Terdapat perbedaan signifikan prestasi menulis siswa sebelum dan sesudah penyajian materi dengan menggunakan strategi LINK. Berdasarkan temuan dan diskusi penelitian, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan Strategi Daftar, Bertanya, Mencatat dapat meningkatkan kemampuan siswa Analkes Muhammadiyah dalam menulis.
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hasil antara pre-test dan post-test siswa yang diajarkan menulis teks deskriptif melalui List, Inquire, Note signifikan, dimana skor rata-rata menulis siswa pada pre-test adalah 54,6 diklasifikasikan sebagai skor buruk hingga sedang dan skor rata-rata menulis siswa pada post-test adalah 71,1 diklasifikasikan sebagai skor rata-rata hingga baik.Penggunaan Strategi List, Inquire, Note, Know dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sebelas Analkes Muhammadiyah sebelum diajarkan List, Inquire, Note melalui metode teks deskriptif, prestasi siswa dalam menulis diklasifikasikan buruk hingga sedang.Berdasarkan hasil data di atas peneliti menyimpulkan bahwa, “menggunakan List, Inquire, Note secara efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas strategi List, Inquire, Note (LIN) dalam meningkatkan kemampuan menulis pada berbagai jenis teks, seperti teks argumentatif atau naratif, untuk melihat apakah strategi ini memberikan manfaat yang konsisten di berbagai genre penulisan. Studi lanjutan juga bisa membandingkan efektivitas strategi LIN dengan strategi pembelajaran menulis lainnya, seperti mind mapping atau peer review, untuk mengidentifikasi pendekatan mana yang paling efektif dalam konteks tertentu. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana faktor-faktor seperti gaya belajar siswa, tingkat motivasi, dan latar belakang bahasa mempengaruhi efektivitas strategi LIN, sehingga guru dapat menyesuaikan implementasi strategi ini agar sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Penelitian lanjutan dapat menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses kognitif dan afektif yang terlibat dalam penggunaan strategi LIN, serta dampaknya terhadap kualitas tulisan siswa.
| File size | 308.63 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | Report |
Related /
MACHUNGMACHUNG Video yang sudah dibuat dan di upload di YouTube sudah berjalan dengan baik dan masyarakat sudah dapat memahami informasi dari video feature ini. VideoVideo yang sudah dibuat dan di upload di YouTube sudah berjalan dengan baik dan masyarakat sudah dapat memahami informasi dari video feature ini. Video
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Sesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggihSesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggih
ARIPIARIPI Dengan demikian, tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk pada tahun ajaran 2023/2024 dapat dikategorikan tinggi. TingkatDengan demikian, tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk pada tahun ajaran 2023/2024 dapat dikategorikan tinggi. Tingkat
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkanMetode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan
UNISLAUNISLA Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara sebagai salah satu dari empat keterampilan dasar pembelajaran bahasa, dengan menggunakan metode kualitatifPenelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara sebagai salah satu dari empat keterampilan dasar pembelajaran bahasa, dengan menggunakan metode kualitatif
UNISLAUNISLA Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada tingkat pendidikan menengah. Pembelajaran bahasaSekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada tingkat pendidikan menengah. Pembelajaran bahasa
STIKES MAJAPAHITSTIKES MAJAPAHIT Jurnal Medica Majapahit merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mempublikasikan hasil penelitian oleh civitas akademik STIKes Majapahit, bertujuan meningkatkanJurnal Medica Majapahit merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mempublikasikan hasil penelitian oleh civitas akademik STIKes Majapahit, bertujuan meningkatkan
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digitalPemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menyimpulkan perlunya strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memaksimalkan manfaat dari platform digital. Media sosial memiliki pengaruhPenelitian ini menyimpulkan perlunya strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memaksimalkan manfaat dari platform digital. Media sosial memiliki pengaruh
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model iniModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model ini