FKIP UWGMFKIP UWGM

Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia DiniJurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini

Pemahaman kosakata merupakan penguasaan kosakata secara reseptif. Penguasaan kosakata menjadi landasan dalam perkembangan sintaksis. Sintaksis sebagai aturan mengenai urutan kata dan kalimat. Aturan penyusunan bagian bahasa berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat disebut gramatikal. Dalam komunikasi lisan kemampuan gramatikal ditunjukkan dengan kompleksitas kalimat yang ditandai dengan ujaran yang mengandung banyak struktur atau kalimat majemuk. Kompleksitas kalimat pada anak merupakan penanda kompetensi gramatikal yang berkembang. Perkembangan kompleksitas gramatikal terjadi secara bertahap. Masa prasekolah adalah masa anak ketika bermain dan mulai memasuki Taman Kanak-kanak dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui . Metode yang digunakan kuantitatif, jenis korelasional, dan desain cross sectional. Instrumen untuk mengukur kemampuan pemahaman kosakata adalah Formulir Demografi Responden Pengukuran Fungsional Kosakata Anak sub tes pemahaman kosakata yang diisi oleh orang tua responden. Instrumen untuk mengukur kompleksitas kalimat adalah Sampling Utterances and Grammatical Analysis Revised (SUGAR) melalui pengambilan sampel bahasa anak dengan menghitung nilai ujaran yang terdapat klausa subordinatif sebagai nilai kompleksitas kalimat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TKIT Al Ummah Sukoharjo. Pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus slovin berjumlah 41 anak dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Kendall-Tau didapatkan nilai ρ 0.003 (ρ < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif diterima, sehingga menunjukkan adanya korelasi antara pemahaman kosakata dengan kompleksitas kalimat pada anak usia preschool di TKIT Al Ummah Sukoharjo. Nilai r 0.415 yang berarti kekuatan hubungan sedang dengan arah positif.

Penelitian menunjukkan adanya korelasi antara pemahaman kosakata dengan kompleksitas kalimat pada anak usia preschool di TKIT Al Ummah Sukoharjo.Kekuatan hubungan tersebut termasuk dalam kategori sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0.Hasil ini diharapkan dapat digunakan sebagai pengetahuan untuk pengembangan keilmuan terkait perkembangan bahasa anak.

Penelitian lanjutan bisa mengeksplorasi bagaimana faktor lingkungan sekitar anak, seperti stimulasi dari orang tua atau guru, memengaruhi hubungan antara pemahaman kosakata dengan kompleksitas kalimat, dengan pendekatan studi longitudinal untuk melihat perkembangan dari waktu ke waktu. Selain itu, penelitian bisa ditingkatkan dengan sampel yang lebih besar dan beragam lokasi untuk menguji apakah hasil korelasi ini konsisten di daerah lain, menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang intervensi yang efektif. Lebih lanjut, saran penelitian lanjutan juga termasuk mengintegrasikan faktor usia yang lebih spesifik dalam kelompok preschool untuk melihat perbedaan perkembangan kompleksitas kalimat antara anak usia 4-5 tahun dibandingkan 5-6 tahun, sehingga bisa dikembangkan program edukasi yang disesuaikan dengan tahap perkembangan masing-masing anak.

  1. #gerak anak usia#gerak anak usia
  2. #pemahaman kosakata#pemahaman kosakata
Read online
File size434.92 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test