IPTRISAKTIIPTRISAKTI
Jurnal Ilmiah PariwisataJurnal Ilmiah PariwisataPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh fasilitas dan atraksi wisata terhadap niat kunjung ulang yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan pada Desa Wisata Saung Ciburial, Garut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif–verifikatif. Metode analisis yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) berbasis Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM), karena sesuai untuk menguji hubungan kausalitas antar konstruk laten dengan ukuran sampel yang relatif kecil. Populasi penelitian adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Saung Ciburial (ukuran populasi tidak diketahui). Sampel berjumlah 100 responden yang diperoleh melalui teknik non-probability sampling, yakni accidental sampling terhadap pengunjung yang memenuhi kriteria inklusi selama periode pengumpulan data. Instrumen kuesioner skala Likert digunakan untuk mengukur persepsi wisatawan terhadap fasilitas, atraksi, kepuasan, dan niat kunjung ulang. Lokasi penelitian berada di Desa Wisata Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas dan atraksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan; kepuasan berpengaruh signifikan terhadap niat kunjung ulang; serta terdapat efek tidak langsung fasilitas dan atraksi terhadap niat kunjung ulang melalui kepuasan. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas fasilitas dan pengelolaan atraksi yang berorientasi pada kepuasan untuk mendorong kunjungan ulang.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas, atraksi wisata, kepuasan wisatawan, dan niat kunjung ulang di Desa Wisata Saung Ciburial Garut memiliki kualitas yang baik.Fasilitas dan atraksi wisata secara signifikan memengaruhi kepuasan wisatawan.Selain itu, kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap niat kunjung ulang, dengan pengaruh tidak langsung dari fasilitas dan atraksi melalui kepuasan.
1. Investigasi pengaruh strategi pemasaran digital terhadap niat kunjung ulang di desa wisata berbasis komunitas. 2. Eksplorasi peran upaya pelestarian budaya dalam meningkatkan kepuasan wisatawan dan kunjungan ulang. 3. Analisis dampak praktik pariwisata berkelanjutan terhadap kualitas pengalaman wisatawan dan kecenderungan untuk kembali berkunjung.
| File size | 345.84 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | Report |
Related /
JBE UPIYPTKJBE UPIYPTK Kepercayaan memediasi hubungan antara branding kota dan kunjungan wisata, tetapi tidak pada digital marketing. Digital marketing berpengaruh signifikanKepercayaan memediasi hubungan antara branding kota dan kunjungan wisata, tetapi tidak pada digital marketing. Digital marketing berpengaruh signifikan
MACHUNGMACHUNG Kafe dengan konsep cozy dan interior aesthetic memiliki daya tarik tinggi bagi generasi muda yang cenderung memilih kafe berdasarkan visual. Namun, banyakKafe dengan konsep cozy dan interior aesthetic memiliki daya tarik tinggi bagi generasi muda yang cenderung memilih kafe berdasarkan visual. Namun, banyak
ITB ADITB AD Servicescape berpengaruh langsung dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Melalui Perceived Service Quality, Servicescape berpengaruh langsung danServicescape berpengaruh langsung dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Melalui Perceived Service Quality, Servicescape berpengaruh langsung dan
UMKLAUMKLA Metodologi yang digunakan meliputi pra-pemrosesan citra menggunakan pustaka OpenCV untuk meningkatkan kualitas gambar melalui konversi grayscale dan binarisasiMetodologi yang digunakan meliputi pra-pemrosesan citra menggunakan pustaka OpenCV untuk meningkatkan kualitas gambar melalui konversi grayscale dan binarisasi
UBUB Pengembangan area dan aktivitas wisata yang didukung dengan pembuatan desain signage, backdrop, tiket reguler, tiket festival, dan poster festival. PembuatanPengembangan area dan aktivitas wisata yang didukung dengan pembuatan desain signage, backdrop, tiket reguler, tiket festival, dan poster festival. Pembuatan
DINASTIREVDINASTIREV Program dana bergulir penguatan permodalan di Kota Payakumbuh telah dilaksanakan sejak 2002, namun masih menghadapi berbagai permasalahan baik pada tahapProgram dana bergulir penguatan permodalan di Kota Payakumbuh telah dilaksanakan sejak 2002, namun masih menghadapi berbagai permasalahan baik pada tahap
JOURNAL COMPUTINGJOURNAL COMPUTING Masing-masing dari subclass tersebut memiliki subclass lagi secara terstruktur, dan hasil dari pembuatan Ontology teknik komputer dalam mengestimasi nilaiMasing-masing dari subclass tersebut memiliki subclass lagi secara terstruktur, dan hasil dari pembuatan Ontology teknik komputer dalam mengestimasi nilai
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Berdasarkan hasil pembangunan sistem yang telah dibuat Desa Widarapayung Wetan Cilacap saat ini sudah dapat berupaya untuk meningkatkan pelayanan khususnyaBerdasarkan hasil pembangunan sistem yang telah dibuat Desa Widarapayung Wetan Cilacap saat ini sudah dapat berupaya untuk meningkatkan pelayanan khususnya
Useful /
UBUB Indikator pencapaian kegiatan adalah peserta secara mandiri telah memproduksi lilin aromaterapi untuk suatu bazar dengan kualitas lebih baik. Hasil kuesionerIndikator pencapaian kegiatan adalah peserta secara mandiri telah memproduksi lilin aromaterapi untuk suatu bazar dengan kualitas lebih baik. Hasil kuesioner
UBUB Pelatihan ini dipandu oleh tim PkM bersama Indy Rahmawati, seorang pembawa acara senior dari TVOne. Peserta dibimbing dalam pembuatan video ILM denganPelatihan ini dipandu oleh tim PkM bersama Indy Rahmawati, seorang pembawa acara senior dari TVOne. Peserta dibimbing dalam pembuatan video ILM dengan
DINASTIREVDINASTIREV Penelitian menemukan bahwa kesesuaian antara pelaksanaan layanan pembuatan sertifikat tanah dengan prosedur standar masih belum tercapai di BPN Kota Jambi.meskipunPenelitian menemukan bahwa kesesuaian antara pelaksanaan layanan pembuatan sertifikat tanah dengan prosedur standar masih belum tercapai di BPN Kota Jambi.meskipun
UGMUGM Studi ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berpengaruh terhadap kinerja lembaga mikrofinansial dan tingkat kepuasan pelanggan. Determinan inklusiStudi ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berpengaruh terhadap kinerja lembaga mikrofinansial dan tingkat kepuasan pelanggan. Determinan inklusi