45MATARAM45MATARAM

JURNAL ECONOMINAJURNAL ECONOMINA

Upaya menekan pengangguran di Indonesia dapat dilakukan melalui penanaman sikap kewirausahaan pada mahasiswa sebagai alternatif karir selain menjadi pegawai negeri maupun karyawan swasta. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap self‑efficacy, pengaruh self‑efficacy terhadap minat berwirausaha, serta peran mediasi self‑efficacy dalam hubungan keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross‑sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 108 responden menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap self‑efficacy, sedangkan literasi digital berpengaruh negatif dan signifikan. Selain itu, self‑efficacy terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha serta mampu memediasi hubungan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian, penerapan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital, baik formal maupun non‑formal, penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha serta membekali mereka menghadapi persaingan dunia kerja yang kompetitif.

Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 108 responden dan diolah menggunakan SmartPLS 4.0, diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap self‑efficacy, sedangkan digital literacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap self‑efficacy.Self‑efficacy terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, sekaligus mampu memediasi secara parsial hubungan pendidikan kewirausahaan maupun digital literacy terhadap minat berwirausaha.Hal ini menunjukkan bahwa self‑efficacy berperan penting dalam menghubungkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa dengan keputusan mereka untuk mengembangkan minat berwirausaha.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh latar belakang sosial‑ekonomi keluarga terhadap self‑efficacy dan niat berwirausaha pada mahasiswa akhir program manajemen di berbagai universitas Indonesia, sehingga memperluas generalisasi temuan. Selanjutnya, perlu dilakukan eksperimen intervensi dengan modul pelatihan kewirausahaan digital yang menggabungkan pendekatan formal dan informal untuk menilai efektivitasnya dalam meningkatkan self‑efficacy dan niat berwirausaha pada generasi Z. Terakhir, studi longitudinal yang melacak lulusan selama dua hingga tiga tahun pasca kelulusan dapat mengungkap dampak jangka panjang pendidikan kewirausahaan serta literasi digital terhadap pembentukan usaha nyata dan keberlanjutan bisnis mereka.

  1. The Role of family influence, gender, and entrepreneurial education on Indonesian vocational students... doi.org/10.20525/ijrbs.v8i5.309The Role of family influence gender and entrepreneurial education on Indonesian vocational students doi 10 20525 ijrbs v8i5 309
  2. Anteseden Self Efficacy dan Dampaknya pada Minat Berwirausaha | Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi. anteseden... doi.org/10.33395/owner.v4i2.254Anteseden Self Efficacy dan Dampaknya pada Minat Berwirausaha Owner Riset dan Jurnal Akuntansi anteseden doi 10 33395 owner v4i2 254
  3. Study of the Influence of Education and Literation of Entrepreneurship in Vocational High Schools: Indonesian... doi.org/10.36941/ajis-2021-0004Study of the Influence of Education and Literation of Entrepreneurship in Vocational High Schools Indonesian doi 10 36941 ajis 2021 0004
  1. #minat mahasiswa akuntansi#minat mahasiswa akuntansi
  2. #pendidikan kewirausahaan#pendidikan kewirausahaan
Read online
File size396.26 KB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test