STIEPARISTIEPARI
Jurnal Visi ManajemenJurnal Visi ManajemenPenelitian ini dilakukan pada Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan pegawai terhadap kepuasan penumpang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun kepuasan penumpang. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang dimana hasil tersebut mempunyai nilai korelasi determinasi R2 square sebesar 0,633. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan tangible dan responsiveness untuk meningatkan kepuasan penumpang.
Tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel Tangible terhadap kepuasan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, sehingga hipotesis pertama ditolak.Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Reliability terhadap kepuasan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, sehingga hipotesis kedua diterima.Tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel Responsiveness terhadap kepuasan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, sehingga hipotesis ketiga ditolak.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menginvestigasi lebih mendalam mengenai faktor-faktor spesifik yang memengaruhi kepuasan penumpang, seperti pengaruh lingkungan fisik bandara dan interaksi antara karyawan dan penumpang. Selain itu, studi lebih lanjut dapat mengevaluasi efektivitas pelatihan karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan penumpang. Terakhir, penelitian dapat mengembangkan model prediksi kepuasan penumpang berdasarkan variabel-variabel kualitas pelayanan yang telah diidentifikasi, untuk membantu manajemen bandara dalam merancang strategi peningkatan pelayanan.
| File size | 85.17 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STIEPARISTIEPARI Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana perbedaan tingkat loyalitas pelanggan MICE berdasarkan jenis organisasi pengguna, seperti pemerintahan versusPenelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana perbedaan tingkat loyalitas pelanggan MICE berdasarkan jenis organisasi pengguna, seperti pemerintahan versus
STIEPARISTIEPARI Penelitian tentang kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu. Kualitas pelayanan adalah suatu keadaan dinamis yang berkaitan erat denganPenelitian tentang kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu. Kualitas pelayanan adalah suatu keadaan dinamis yang berkaitan erat dengan
STIEPARISTIEPARI Hasil penelitian menemukan bahwa latar belakang pendidikan, sosialisasi SAK EMKM, dan pemahaman SAK EMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapanHasil penelitian menemukan bahwa latar belakang pendidikan, sosialisasi SAK EMKM, dan pemahaman SAK EMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan
NEWINERANEWINERA Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip pembobol tabir pemerintahan mendukung tercapainya tata kelola baik dan bersih dan membantu mencegah penyalahgunaanHasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip pembobol tabir pemerintahan mendukung tercapainya tata kelola baik dan bersih dan membantu mencegah penyalahgunaan
Useful /
SALNESIASALNESIA Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) tentang metode kontrasepsi jangka panjang melalui sosialisasi di posyandu wilayahKegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) tentang metode kontrasepsi jangka panjang melalui sosialisasi di posyandu wilayah
STIEPARISTIEPARI Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun minat wisatawan berkunjung. Data yang diperoleh diolahHasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun minat wisatawan berkunjung. Data yang diperoleh diolah
DINASTIREVDINASTIREV Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi atau perusahaan dibuat berlandaskan visi dan misi untuk mencapai tujuan bagi kepentingan manusia dan dikelolaApapun bentuk serta tujuannya, organisasi atau perusahaan dibuat berlandaskan visi dan misi untuk mencapai tujuan bagi kepentingan manusia dan dikelola
NEWINERANEWINERA Ritual ini diwujudkan melalui persembahan dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mencerminkan keyakinan bahwa hanya kepada Allah tempat memohon pertolonganRitual ini diwujudkan melalui persembahan dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mencerminkan keyakinan bahwa hanya kepada Allah tempat memohon pertolongan