STIEPARISTIEPARI

Jurnal Visi ManajemenJurnal Visi Manajemen

Penelitian ini dilakukan pada Taman Nusa Bali yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh atraksi, aktivitas, amenitas, dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan yang mana mengalami kondisi kurang baik meliputi adanya penurunan tingkat kunjungan wisatawan setiap tahunnya, disamping itu ada beberapa kondisi komponen pariwisata perlu ditingkatkan. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun minat wisatawan berkunjung. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan atraksi, aktivitas, amenitas, dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan. Maka hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, dengan nilai korelasi determinasi adjusted R2 square sebesar 0,604. Hal ini menunjukkan bahwa semua atraksi, aktivitas, amenitas, dan aksesibilitas mempengaruhi secara nyata terhadap kepuasan wisatawan secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 60,4%. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan wisatawan perlu adanya peningkatan seluruh komponen pariwisata guna meningkatkan kepuasan wisatawan pada periode berikutnya.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa atraksi, aktivitas, amenitas, dan aksesibilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Taman Nusa Bali.Atraksi merupakan variabel yang paling dominan dalam meningkatkan kepuasan wisatawan.Disarankan bagi pengelola untuk terus meningkatkan kualitas komponen pariwisata guna meningkatkan kepuasan wisatawan pada periode berikutnya.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan studi lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kepuasan wisatawan di Taman Nusa Bali, seperti efektivitas strategi pemasaran dan pengaruh media sosial terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi bagaimana peningkatan kualitas akomodasi dan fasilitas umum dapat secara langsung meningkatkan kepuasan wisatawan. Terakhir, penelitian lanjutan dapat fokus pada studi perbandingan antara kepuasan wisatawan domestik dan mancanegara untuk menghasilkan strategi yang lebih spesifik dan efektif.

  1. #kepuasan wisatawan#kepuasan wisatawan
File size88.66 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test