Tel-UTel-U

Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram dalam membangun personal branding Ridwan Kamil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk personal branding yang telah dilakukan oleh Ridwan Kamil dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Peneliti menganalisis personal branding Ridwan Kamil dengan menggunakan empat dari delapan konsep personal branding yang dikemukakan oleh Peter Montoya. Keempat konsep tersebut adalah: (1) The Law of Specialization; (2) The Law of Leadership; (3) The Law of Personality; dan (4) The Law of Visibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi kepada informan kunci dan informan ahli. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun oleh Ridwan Kamil mencerminkan sisi spesialisasi yang terlihat pada orisionalitas konten. Kemudian Ridwan Kamil menunjukkan sisi kepemimpinannya dengan mengedepankan ketegasan yang sejalan dengan data-data yang konkret dalam penyampaian-penyampaiannya. Ridwan Kamil juga menunjukkan kepribadian dirinya apa adanya, selaras dengan realita dan juga pada media sosialnya. Terakhir, Ridwan Kamil menunjukkan sisi visibilitasnya dalam menggunakan media sosial dengan selalu tampil pada Instagram pribadinya.

Ridwan Kamil dalam membangun personal branding, dari sisi spesialisasi, terlihat sebagai pemimpin yang konsisten membagikan konten positif, menggunakan gaya bahasa santai, dan responsif terhadap isu dengan sentuhan humor.Dari sisi kepemimpinan, ia membangun citra pemimpin yang tidak otoriter, tegas, dan selalu didukung oleh data konkret.Dari sisi kepribadian, Ridwan Kamil menampilkan konsistensi antara citra di media sosial dan kehidupan nyata, serta menjalin kedekatan dengan masyarakat.Secara keseluruhan, Ridwan Kamil secara aktif memanfaatkan Instagram untuk memberikan informasi dan edukasi kepada publik.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi perbandingan strategi personal branding Ridwan Kamil dengan tokoh publik lainnya di Indonesia, terutama dalam konteks penggunaan Instagram sebagai media utama. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada dampak personal branding Ridwan Kamil terhadap kepercayaan dan partisipasi publik dalam kebijakan yang ia usung, menelaah apakah citra positif di media sosial berkorelasi dengan dukungan konkret di dunia nyata. Terakhir, penelitian dapat menginvestigasi efektivitas penggunaan fitur-fitur Instagram tertentu (seperti Reels, IGTV, atau fitur interaktif lainnya) dalam memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan audiens, sehingga dapat memberikan panduan praktis bagi tokoh publik lainnya dalam membangun personal branding yang kuat dan relevan di era digital.

  1. #ridwan kamil#ridwan kamil
  2. #ridwan kamil#ridwan kamil
File size351.99 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test