UPN VeteranUPN Veteran

Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi NegaraDinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara

Pelayanan publik merupakan tanggung jawab yang harus diberikan pemerintah kepada masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melakukan wawancara secara mendalam dengan informan.

Pelayanan administratif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo sudah berjalan dengan baik, namun perlu adanya perbaikan di dalam indikator kenyamanan tempat pelayanan.Faktor pendukung yang menjadi keberhasilan dalam memberikan pelayanan secara online saat pandemi Covid-19 adalah ketertiban masyarakat dan juga pemerintah berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan yang mengharuskan pelayanan dilakukan secara online.

Dispendukcapil perlu memanfaatkan media sosial dalam mensosialisasikan informasi terkait alur pelayanan, persyarakat pelayanan yang kreatif dan inovatif dengan harapan masyarakat tidak jenuh dengan informasi yang formal dan sulit dipahami. Selain itu, perlu adanya perbaikan dalam melakukan pelayanan secara online, seperti memperbaiki sistem pelayanan online dan meningkatkan kemampuan pegawai dalam menggunakan teknologi. Dengan demikian, diharapkan pelayanan yang diberikan dapat lebih efektif, efisien, dan memuaskan masyarakat.

  1. #administrasi kependudukan#administrasi kependudukan
File size785.99 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test