KOMPETIFKOMPETIF
Jurnal Daya SaingJurnal Daya SaingPengembangan kuliner lokal olahan ikan patin di Kampung Patin Koto Mesjid Kabupaten Kampar dipengaruhi oleh 14 faktor internal dan 13 faktor eksternal yang memengaruhi pengembangan produk olahan ikan patin serta budidaya ikan patin di Kabupaten Kampar. Strategi pengembangan kuliner lokal olahan ikan patin di Kampung Patin Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar harus dikelola dengan tepat, baik, dan bijaksana agar menjadi salah satu sektor penunjang perekonomian daerah secara umum dan masyarakat sekitar secara khusus serta dapat meningkatkan kualitas produk olahan ikan patin. Partisipasi masyarakat tentu saja sangat dipengaruhi oleh kemauan, kesempatan, dan kemampuan dari masyarakat Kampung Patin Koto Mesjid Kabupaten Kampar. Dalam perencanaan desa wisata, memberikan dorongan bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan dan pengawasan. Kampung Patin Koto Mesjid juga merupakan desa wisata edukasi seperti pelatihan pembuatan produk olahan ikan patin dan menjadi oleh-oleh tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung serta dapat menjadi daya tarik wisata kampung patin itu sendiri.
Pengembangan kuliner produk olahan ikan patin di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar dipengaruhi oleh 14 faktor internal dan 13 faktor eksternal yang memengaruhi pengembangan produk olahan dan budidaya ikan patin di Kabupaten Kampar.Faktor yang memengaruhi pengembangan kuliner produk olahan ikan patin terdiri dari 13 faktor internal dan 9 faktor eksternal.Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan SWOT diperoleh 8 alternatif strategi untuk usaha budidaya dan 6 alternatif strategi dalam pengembangan kuliner produk olahan ikan patin.Strategi pengembangan kuliner lokal produk olahan ikan patin di Kampung Patin Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar seharusnya dikelola dengan tepat, baik, dan bijaksana sehingga menjadi sektor penunjang perekonomian daerah pada umumnya dan masyarakat sekitar khususnya serta dapat meningkatkan kualitas produk olahan ikan patinnya.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan sistem zero waste dalam pengolahan ikan patin untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi produksi. Selanjutnya, penting untuk mengeksplorasi preferensi konsumen lokal dan internasional terhadap variasi produk olahan ikan patin melalui survei komprehensif. Terakhir, studi lebih lanjut tentang dampak penerapan teknologi digital dalam promosi dan distribusi produk olahan ikan patin sebagai upaya meningkatkan daya saing pasar.
| File size | 275.38 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
KOMPETIFKOMPETIF Pertama, citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning. Kedua, kualitas produk berpengaruhPertama, citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning. Kedua, kualitas produk berpengaruh
KOMPETIFKOMPETIF UKMK yang berada di Objek Wisata Sungai Gelombang di Desa Sipungguk ini dijalankan secara sederhana, mereka belum ada kemitraan dengan pihak lain, perluUKMK yang berada di Objek Wisata Sungai Gelombang di Desa Sipungguk ini dijalankan secara sederhana, mereka belum ada kemitraan dengan pihak lain, perlu
KOMPETIFKOMPETIF Pada hasil uji F, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukkan oleh nilai signifikansiPada hasil uji F, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi
ILOMATAILOMATA Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap keputusan pembelian produkPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk
Useful /
KOMPETIFKOMPETIF Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran mahasiswa sebagai self marketing dalam mempromosikan Fakultas Ekonomi Universitas LancangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran mahasiswa sebagai self marketing dalam mempromosikan Fakultas Ekonomi Universitas Lancang
KOMPETIFKOMPETIF Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Service Quality dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Beli pada UMKM Bakpia Boomber Mas Raga. PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Service Quality dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Beli pada UMKM Bakpia Boomber Mas Raga. Penelitian
KOMPETIFKOMPETIF Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen distro tersebut didominasi oleh usia 16-25 tahun, pelajar/mahasiswa, mementingkan gaya hidup,Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen distro tersebut didominasi oleh usia 16-25 tahun, pelajar/mahasiswa, mementingkan gaya hidup,
ILOMATAILOMATA Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas analisis dengan membandingkan berbagai jenis perusahaan serta mengembangkan parameter khusus yang ditetapkanPenelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas analisis dengan membandingkan berbagai jenis perusahaan serta mengembangkan parameter khusus yang ditetapkan