STIEPARISTIEPARI

Jurnal Visi ManajemenJurnal Visi Manajemen

Penelitian ini dilakukan di Niten Jamu Kota Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus di Niten Jamu Semarang). Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, namun sebelum dilakukan uji tersebut, dilakukan dahulu uji validitas, uji reliabilitas, serta uji persyaratan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Niten Jamu Kota Semarang.

Penelitian ini dilakukan di Niten Jamu Kota Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus di Niten Jamu Semarang).Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 responden.Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif.Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, namun sebelum dilakukan uji tersebut, dilakukan dahulu uji validitas, uji reliabilitas, serta uji persyaratan.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Niten Jamu Kota Semarang.Packaging berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian konsumen Niten Jamu Semarang, karena kualitas bahan kemasan dan nilai estetika yang kurang memadai.Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana pengaruh desain kemasan yang dapat didaur ulang terhadap loyalitas konsumen, karena kemasan yang ramah lingkungan mungkin menjadi faktor baru yang belum diteliti dalam studi ini.Selain itu, perlu diteliti apakah keberagaman rasa dan ukuran kemasan dapat memperluas pasar ke kelompok usia muda atau generasi Z yang lebih peka terhadap gaya hidup sehat dan inovasi produk, mengingat Niten Jamu fokus pada jamu tradisional.Terakhir, penelitian lanjutan bisa memperluas variabel dengan mempelajari bagaimana interaksi langsung antara penjual dan konsumen, seperti pelayanan di lokasi penjualan atau respons cepat di media sosial, memengaruhi keputusan pembelian, karena faktor interpersonal belum dibahas dalam penelitian ini, padahal bisa menjadi penguat kepercayaan merek di tengah persaingan produk jamu siap minum yang semakin banyak.Variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan jumlah 13 varian minuman herbal yang membuat konsumen lebih tertarik, serta merupakan variabel paling dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian.PENGARUH PACKAGING, PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS NITEN JAMU SEMARANG).Penelitian ini dilakukan di Niten Jamu Kota Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus di Niten Jamu Semarang).Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 responden.Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif.Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, namun sebelum dilakukan uji tersebut, dilakukan dahulu uji validitas, uji reliabilitas, serta uji persyaratan.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa packaging, promosi melalui media sosial, dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Niten Jamu Kota Semarang.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana pengaruh desain kemasan yang dapat didaur ulang terhadap loyalitas konsumen, karena kemasan yang ramah lingkungan mungkin menjadi faktor baru yang belum diteliti dalam studi ini. Selain itu, perlu diteliti apakah keberagaman rasa dan ukuran kemasan dapat memperluas pasar ke kelompok usia muda atau generasi Z yang lebih peka terhadap gaya hidup sehat dan inovasi produk, mengingat Niten Jamu fokus pada jamu tradisional. Terakhir, penelitian lanjutan bisa memperluas variabel dengan mempelajari bagaimana interaksi langsung antara penjual dan konsumen, seperti pelayanan di lokasi penjualan atau respons cepat di media sosial, memengaruhi keputusan pembelian, karena faktor interpersonal belum dibahas dalam penelitian ini, padahal bisa menjadi penguat kepercayaan merek di tengah persaingan produk jamu siap minum yang semakin banyak.

  1. #variasi produk#variasi produk
File size103.13 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test