STAINUPASTAINUPA

Jurnal Pendidikan Agama IslamJurnal Pendidikan Agama Islam

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Kurikulum Merdeka hadir sebagai jawaban atas tantangan degradasi moral, dengan mengedepankan fleksibilitas pembelajaran serta penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan menganalisis relevansi gagasan Ki Hadjar Dewantara terhadap implementasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ki Hadjar, khususnya prinsip ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, memiliki keselarasan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek, refleksi, dan pengalaman kontekstual yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka. Integrasi nilai budaya bangsa dengan kerangka modern membuktikan pentingnya pendidikan karakter yang holistik, adaptif, dan humanis. Artikel ini menegaskan bahwa gagasan Ki Hadjar Dewantara masih relevan sebagai basis filosofis, normatif, dan praktis dalam memperkuat pendidikan karakter di era Merdeka Belajar.

Penelitian ini menegaskan bahwa gagasan Ki Hadjar Dewantara memiliki relevansi yang mendalam terhadap penguatan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka.Konsep pendidikan sebagai proses menuntun kodrat anak menemukan bentuk aktualisasinya dalam pendekatan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis pengalaman, refleksi, dan kolaborasi.Pertama, pemikiran Ki Hadjar Dewantara menempatkan pendidikan karakter sebagai inti dari proses pendidikan, dengan guru berperan sebagai pamong melalui prinsip ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.Hal ini relevan dengan peran guru dalam Kurikulum Merdeka yang bertugas menuntun, menginspirasi, dan memotivasi peserta didik secara humanis dan adaptif.

Berdasarkan temuan penelitian ini, penting untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana pendekatan Kurikulum Merdeka dapat diintegrasikan dengan pendidikan karakter di wilayah yang beragam budaya. Pertanyaan penelitian ini bisa difokuskan pada: bagaimana strategi kolaboratif antara sekolah dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang mendukung pendidikan karakter? Selanjutnya, penelitian juga bisa diarahkan pada pelatihan guru untuk menerapkan nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara dalam praktik sehari-hari agar lebih efektif. Dan akhirnya, penting untuk melakukan kajian longitudinal mengenai perkembangan karakter siswa dalam jangka panjang setelah implementasi Kurikulum Merdeka.

  1. #ki hadjar dewantara#ki hadjar dewantara
  2. #ki hadjar dewantara#ki hadjar dewantara
File size198.34 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test