UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan psikologis siswa, serta upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi permasalahan psikologis tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Lamongan pada jurusan OTKP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara semi-terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa siswa merasa cemas, malu, takut melakukan kesalahan, serta memiliki rasa percaya diri yang rendah ketika berbicara di depan kelas. Upaya mengatasi permasalahan psikologis tersebut meliputi: siswa harus memiliki rasa percaya diri dalam berbicara, menguasai banyak kosakata, serta lebih banyak berlatih berbicara dalam bahasa Inggris; guru hendaknya memberikan motivasi kepada siswa serta membiasakan dan mengajak siswa menggunakan bahasa Inggris.
Siswa mengalami permasalahan psikologis seperti cemas, malu, takut melakukan kesalahan, dan kurangnya kepercayaan diri yang menghambat kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.Upaya mengatasi permasalahan tersebut meliputi peningkatan rasa percaya diri, penguasaan kosakata, latihan berbicara yang lebih intensif, pemberian motivasi oleh guru, serta pembiasaan penggunaan bahasa Inggris.Dengan strategi-strategi ini, diharapkan siswa dapat lebih berani dan terampil dalam berbicara bahasa Inggris.
Pertama, perlu diteliti bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis permainan bahasa terhadap penurunan rasa cemas berbicara bahasa Inggris pada siswa SMK, apakah metode ini lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan partisipasi lisan. Kedua, penting untuk mengeksplorasi peran lingkungan kelas yang inklusif dan bebas dari ejekan terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam praktik berbicara, termasuk bagaimana dinamika kelompok memengaruhi kesiapan berbicara. Ketiga, perlu dikaji efektivitas program pelatihan guru dalam menerapkan pendekatan yang memotivasi dan mendukung secara emosional, guna menciptakan budaya kelas yang mendorong siswa untuk berani berbicara meskipun masih melakukan kesalahan. Penelitian lanjutan sebaiknya menggabungkan ketiga aspek ini untuk menilai dampak holistik dari intervensi yang terintegrasi antara metode mengajar, iklim kelas, dan peran guru dalam mengurangi hambatan psikologis berbicara. Dengan demikian, dapat dirancang model pembelajaran yang tidak hanya fokus pada penguasaan bahasa tetapi juga kesejahteraan afektif siswa.
| File size | 491.01 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA The research involved 23 students in the second semester of the English Education study program at PGRI Silampari University. The results showed that studentsThe research involved 23 students in the second semester of the English Education study program at PGRI Silampari University. The results showed that students
UNISLAUNISLA Dosen harus menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar siswa tidak mengalami pembelajaran yang monoton. Siswa sering merasa bosan danDosen harus menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar siswa tidak mengalami pembelajaran yang monoton. Siswa sering merasa bosan dan
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
Useful /
UNISLAUNISLA Temuan ini menunjukkan bahwa teknik manajemen waktu, pemeliharaan motivasi, dan pengurangan stres yang strategis memungkinkan mahasiswa yang bekerja untukTemuan ini menunjukkan bahwa teknik manajemen waktu, pemeliharaan motivasi, dan pengurangan stres yang strategis memungkinkan mahasiswa yang bekerja untuk
UNISLAUNISLA Studi ini menekankan pentingnya pendidik untuk fokus pada mengajar keterampilan membaca yang mendukung pemahaman yang baik tanpa kehilangan kecepatan,Studi ini menekankan pentingnya pendidik untuk fokus pada mengajar keterampilan membaca yang mendukung pemahaman yang baik tanpa kehilangan kecepatan,
UNISLAUNISLA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik scramble dalam pembelajaran literasi dan persepsi siswa serta guru terhadap penggunaan teknikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik scramble dalam pembelajaran literasi dan persepsi siswa serta guru terhadap penggunaan teknik
UNPAMUNPAM Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas alternatif. Metode yang digunakan adalah metode kraftPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas alternatif. Metode yang digunakan adalah metode kraft