UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi pembelajaran mandiri memengaruhi tingkat stres, motivasi, dan manajemen waktu di kalangan mahasiswa pascasarjana yang bekerja, khususnya dalam kemampuan menulis mereka. Pendekatan kualitatif digunakan melalui kuesioner terbuka yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerja penuh waktu atau paruh waktu. Metode ini memungkinkan pengumpulan data secara efisien dalam waktu terbatas namun tetap mendalam. Hasil penelitian mendukung bahwa mahasiswa pascasarjana yang bekerja dapat unggul secara akademik bila menerapkan teknik pembelajaran mandiri yang efektif. Partisipan menunjukkan kinerja menulis yang luar biasa, terbukti dari artikel ilmiah mereka yang telah dipublikasikan. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik manajemen waktu, pemeliharaan motivasi, dan pengurangan stres yang strategis memungkinkan mahasiswa yang bekerja untuk menghasilkan karya akademik berkualitas tinggi. Penelitian ini menantang asumsi bahwa bekerja menjadi hambatan terhadap keunggulan akademik, sebaliknya menekankan bagaimana strategi pembelajaran yang terencana dapat membantu mahasiswa pascasarjana menghadapi tuntutan ganda antara pekerjaan dan studi, terutama dalam disiplin ilmu yang menuntut kemampuan menulis intensif.

Strategi pembelajaran mandiri secara signifikan memengaruhi kinerja menulis mahasiswa pascasarjana yang bekerja melalui peningkatan manajemen stres, motivasi, dan pengelolaan waktu.Mahasiswa yang bekerja mampu unggul secara akademik dengan memanfaatkan pengalaman kerja mereka dan menerapkan strategi regulasi diri secara efektif.Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan dukungan yang disesuaikan dengan status pekerjaan mahasiswa dalam program pascasarjana.

Pertama, perlu diteliti bagaimana penggunaan alat bantu digital seperti AI atau aplikasi manajemen waktu memengaruhi efektivitas strategi pembelajaran mandiri pada mahasiswa pascasarjana yang bekerja, khususnya dalam proses menulis akademik. Kedua, penting untuk mengeksplorasi perbedaan strategi regulasi diri antara mahasiswa yang bekerja paruh waktu dan penuh waktu dalam konteks disiplin ilmu yang berbeda, apakah pola strategi yang berhasil di bidang bahasa juga berlaku di bidang sains atau teknik. Ketiga, perlu dikaji bagaimana dinamika hubungan dengan dosen pembimbing memengaruhi motivasi dan manajemen waktu mahasiswa yang bekerja, termasuk bentuk dukungan apa yang paling efektif dalam menjaga konsistensi kinerja menulis selama masa studi. Penelitian lanjutan sebaiknya menggunakan pendekatan campuran dan melibatkan lebih dari satu institusi untuk memperoleh temuan yang lebih luas dan dapat digeneralisasi. Studi longitudinal juga bisa dilakukan untuk melihat perkembangan strategi seiring waktu dan transisi status pekerjaan. Fokus pada kelompok mahasiswa yang tidak bekerja juga penting untuk perbandingan yang lebih komprehensif. Selain itu, penting untuk mengevaluasi bagaimana tekanan finansial dan jenis pekerjaan memengaruhi pilihan strategi pembelajaran mandiri. Penelitian juga bisa menguji efektivitas intervensi pelatihan pembelajaran mandiri yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang bekerja. Terakhir, perlu dikaji pula bagaimana budaya institusi pendidikan memengaruhi adopsi dan keberhasilan strategi ini, termasuk apakah kebijakan fleksibilitas akademik mendukung pengelolaan ganda antara kerja dan studi.

  1. The Effects of CMC Applications on ESL Writing Anxiety among Postgraduate Students | Hussin | English... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/52272The Effects of CMC Applications on ESL Writing Anxiety among Postgraduate Students Hussin English ccsenet journal index php elt article view 52272
  2. Students’ Experiences of English-Medium Instruction at the Postgraduate Level: Challenges and Sustainable... doi.org/10.3390/su15043243StudentsAo Experiences of English Medium Instruction at the Postgraduate Level Challenges and Sustainable doi 10 3390 su15043243
  3. Frontiers | Effects of factors of self-regulation vs. factors of external regulation of learning in self-regulated... doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968733Frontiers Effects of factors of self regulation vs factors of external regulation of learning in self regulated doi 10 3389 fpsyg 2022 968733
  4. Frontiers | Supporting Self-Regulated Learning in Distance Learning Contexts at Higher Education Level:... doi.org/10.3389/fpsyg.2021.792422Frontiers Supporting Self Regulated Learning in Distance Learning Contexts at Higher Education Level doi 10 3389 fpsyg 2021 792422
  1. #bahasa inggris mahasiswa#bahasa inggris mahasiswa
  2. #strategi pembelajaran mandiri#strategi pembelajaran mandiri
File size306.09 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test