UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa tentang potensi dan manfaat penggunaan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 19 siswa kelas X SMK Islam Gondanglegi. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan wawancara; hasil menunjukkan bahwa metode ECOLA secara umum diterima positif, dengan 65% responden menyatakan peningkatan kemampuan membaca dan 80% merasakan pemahaman materi bacaan yang lebih baik. Selain itu, wawancara mengungkapkan rasa apresiasi, kepuasan, serta motivasi tinggi terhadap pendekatan interaktif ECOLA yang meliputi diskusi kelompok dan kegiatan menulis kreatif.
Penelitian menunjukkan bahwa metode ECOLA mendapat penerimaan yang umumnya positif di kalangan siswa kelas X akuntansi, terbukti dari motivasi dan antusiasme tinggi yang tercermin dalam hasil kuesioner.Meskipun terdapat beberapa tanggapan netral atau negatif yang menyoroti perlunya pendekatan yang lebih nuance, manfaat praktis ECOLA—seperti diskusi interaktif dan strategi pembelajaran kolaboratif—dianggap lebih unggul dibandingkan kelemahan yang ada.Wawancara memperkuat temuan bahwa siswa menikmati dan merasa puas dengan ECOLA, menjadikannya strategi pengajaran yang dipilih dan efektif.
Penelitian lanjutan dapat menyelidiki efek jangka panjang penerapan ECOLA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa selama beberapa semester untuk menilai keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, sebuah studi komparatif dapat membandingkan efektivitas ECOLA dengan metode interaktif lain, seperti Task‑Based Language Teaching, guna mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan masing‑masing pendekatan dalam konteks pembelajaran bahasa. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi adaptasi ECOLA pada mata pelajaran selain bahasa Inggris serta pada tingkat pendidikan menengah pertama, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dan kebutuhan kurikulum, sehingga memberi gambaran yang lebih luas tentang potensi metodologi ini dalam meningkatkan pemahaman membaca secara umum.
| File size | 402.7 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkanPenelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
EDUPEDEDUPED Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyakPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak
UNMUNM Studi ini menemukan bahwa siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menulis puisi dan menulis puisi efektif dalam mengajar keterampilan menulis. MenulisStudi ini menemukan bahwa siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menulis puisi dan menulis puisi efektif dalam mengajar keterampilan menulis. Menulis
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalamPenelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalam
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil regresi lebih lanjut menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan terhadap kepemimpinan sekolah memprediksi tingkat motivasi guru yang lebih tinggi. Sehingga,Hasil regresi lebih lanjut menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan terhadap kepemimpinan sekolah memprediksi tingkat motivasi guru yang lebih tinggi. Sehingga,
UNPARUNPAR Dengan status dan fungsi yang diperbaharui, negara akan menegaskan kekuasaannya, dan tidak akan mengembalikan status dan fungsinya ke masa pra-deglobalisasi.Dengan status dan fungsi yang diperbaharui, negara akan menegaskan kekuasaannya, dan tidak akan mengembalikan status dan fungsinya ke masa pra-deglobalisasi.
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui