UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa tentang potensi dan manfaat penggunaan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 19 siswa kelas X SMK Islam Gondanglegi. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan wawancara; hasil menunjukkan bahwa metode ECOLA secara umum diterima positif, dengan 65% responden menyatakan peningkatan kemampuan membaca dan 80% merasakan pemahaman materi bacaan yang lebih baik. Selain itu, wawancara mengungkapkan rasa apresiasi, kepuasan, serta motivasi tinggi terhadap pendekatan interaktif ECOLA yang meliputi diskusi kelompok dan kegiatan menulis kreatif.

Penelitian menunjukkan bahwa metode ECOLA mendapat penerimaan yang umumnya positif di kalangan siswa kelas X akuntansi, terbukti dari motivasi dan antusiasme tinggi yang tercermin dalam hasil kuesioner.Meskipun terdapat beberapa tanggapan netral atau negatif yang menyoroti perlunya pendekatan yang lebih nuance, manfaat praktis ECOLA—seperti diskusi interaktif dan strategi pembelajaran kolaboratif—dianggap lebih unggul dibandingkan kelemahan yang ada.Wawancara memperkuat temuan bahwa siswa menikmati dan merasa puas dengan ECOLA, menjadikannya strategi pengajaran yang dipilih dan efektif.

Penelitian lanjutan dapat menyelidiki efek jangka panjang penerapan ECOLA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa selama beberapa semester untuk menilai keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, sebuah studi komparatif dapat membandingkan efektivitas ECOLA dengan metode interaktif lain, seperti Task‑Based Language Teaching, guna mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan masing‑masing pendekatan dalam konteks pembelajaran bahasa. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi adaptasi ECOLA pada mata pelajaran selain bahasa Inggris serta pada tingkat pendidikan menengah pertama, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dan kebutuhan kurikulum, sehingga memberi gambaran yang lebih luas tentang potensi metodologi ini dalam meningkatkan pemahaman membaca secara umum.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size402.7 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test