LAPANLAPAN
Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi DirgantaraTulisan ini membahas eksperimen prototip feedback control sistem sederhana untuk heading autopilot pada wahana bergerak. Sudut heading dibaca dengan rate-gyroscope dan dikendalikan dengan sebuah kontrol berbasis mikrokontroler dengan stepper motor. Sistem ini telah berhasil direalisasikan dengan sudut kesalahan tidak lebih dari 0.5° dari sudut heading, sehingga cukup akurat untuk wahana terbang. Sistem sensor rotasi terpengaruh oleh vibrasi motor, sehingga digunakan analog lowpass filter dan mounting anti vibrasi untuk memperkecil efek tersebut.
Telah dikembangkan sebuah sistem autopilot sederhana berbasis heading dan rate-gyroscope menggunakan microcontroller.Kestabilan sistem ini sangat bergantung pada sensor rate-gyroscope.Sensor rotasi terganggu dengan vibrasi yang ditimbulkan oleh stepper motor, sehingga penggunaan struktur yang stabil, penggunaan DC motor yang lebih halus, serta penggunaan bahan anti-vibrasi sangat direkomendasikan.
Penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada pengembangan algoritma filter yang lebih canggih untuk mengurangi efek vibrasi pada sensor rate-gyroscope, misalnya dengan mengimplementasikan filter Kalman atau filter adaptif. Selain itu, perlu dilakukan penelitian terkait pengaruh parameter mekanis pada struktur mounting terhadap kestabilan sistem secara keseluruhan, seperti material, bentuk, dan redaman vibrasi. Terakhir, investigasi lebih lanjut mengenai potensi kombinasi sistem ini dengan sensor lain seperti GPS untuk meningkatkan akurasi dan ketahanan autopilot dalam kondisi lingkungan yang berbeda akan sangat menarik untuk dieksplorasi.
| File size | 264.18 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
APTIIAPTII Penelitian ini berhasil merancang dan membangun sistem EDOM berbasis web dengan pendekatan prototype dan Laravel, yang menggantikan proses manual GooglePenelitian ini berhasil merancang dan membangun sistem EDOM berbasis web dengan pendekatan prototype dan Laravel, yang menggantikan proses manual Google
LAPANLAPAN Perancangan igniter memerlukan data spesifikasi roket secara menyeluruh, antara lain initial free volume dan tekanan ruang bakar stabil untuk propelanPerancangan igniter memerlukan data spesifikasi roket secara menyeluruh, antara lain initial free volume dan tekanan ruang bakar stabil untuk propelan
LAPANLAPAN Pembahasan meliputi persyaratan desain struktur implementasinya serta validasi dari proses desain sebagai pengujian sesuai dengan beban yang dipersyaratkanPembahasan meliputi persyaratan desain struktur implementasinya serta validasi dari proses desain sebagai pengujian sesuai dengan beban yang dipersyaratkan
LAPANLAPAN Rancang bangun generator turbin angin kapasitas 200 W yang dibahas dalam ini menyajikan hasil perancangan, pembuatan dan pengujian model generator. HasilRancang bangun generator turbin angin kapasitas 200 W yang dibahas dalam ini menyajikan hasil perancangan, pembuatan dan pengujian model generator. Hasil
Useful /
APTIIAPTII Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara bersama guru, serta studi dokumentasi untuk menggali kebutuhan riil pengguna. Hasil penelitianPengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara bersama guru, serta studi dokumentasi untuk menggali kebutuhan riil pengguna. Hasil penelitian
UMSUMS Wilayah pesisir di Pacitan Bay, East Java, berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan rentan terhadap bencana tsunami. Studi ini bertujuan untuk menentukanWilayah pesisir di Pacitan Bay, East Java, berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan rentan terhadap bencana tsunami. Studi ini bertujuan untuk menentukan
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Selain itu, guru dapat dengan mudah menirukan lagu yang diperdengarkan dan menangkap isi atau pesan lagu. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaSelain itu, guru dapat dengan mudah menirukan lagu yang diperdengarkan dan menangkap isi atau pesan lagu. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
LAPANLAPAN Pengujian dilakukan pada rancangan sudu aerofoil LS(1)-0417 Mod dengan jumlah sudu 3 dan diameter 7. 21 m. Simulasi menunjukkan perbedaan 4,61 % untukPengujian dilakukan pada rancangan sudu aerofoil LS(1)-0417 Mod dengan jumlah sudu 3 dan diameter 7. 21 m. Simulasi menunjukkan perbedaan 4,61 % untuk