MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis STEM yang interaktif dan inovatif, yaitu Voiced Interactive Torso (TOBI), dalam pembelajaran IPAS di MIN Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TOBI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia melalui penggunaan indera penglihatan, pendengaran, dan gerakan.
Implementasi media pembelajaran berbasis STEM yang interaktif dan inovatif, yaitu Voiced Interactive Torso (TOBI), dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia.Respons guru dan siswa terhadap media ini sangat baik, menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi.Peneliti berharap bahwa penelitian lanjutan dapat mengembangkan media ini untuk materi lain yang memerlukan patung torso anatomi manusia.
Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengembangan media pembelajaran berbasis STEM yang lebih inovatif dan interaktif untuk materi lain yang memerlukan patung torso anatomi manusia. Selain itu, penelitian juga dapat membahas tentang cara mengintegrasikan media ini dengan kurikulum yang ada dan bagaimana meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media ini. Dengan demikian, diharapkan media pembelajaran berbasis STEM dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
- IMPROVING STUDENT’S SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED... doi.org/10.59672/ijed.v4i3.3252IMPROVING STUDENTAoS SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED doi 10 59672 ijed v4i3 3252
- Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan... doi.org/10.54168/ahje.v2i1.41Penerapan Pembelajaran STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Daerah Terluar Terdepan doi 10 54168 ahje v2i1 41
- Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa... ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/446Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media AuParisAy Papan Bergaris Siswa ejournal jendelaedukasi index php JJP article view 446
| File size | 304.5 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, disarankanHasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, disarankan
MAHADEWAMAHADEWA The implemented models currently exhibit considerable variation, highlighting the need for a standardized approach. Therefore, formulating a new conceptThe implemented models currently exhibit considerable variation, highlighting the need for a standardized approach. Therefore, formulating a new concept
USDUSD Diharapkan materi tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan materi pembelajaran berbicaraDiharapkan materi tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan materi pembelajaran berbicara
USDUSD Flipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagianFlipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagian
Useful /
UISUUISU Hasil menunjukkan bahwa tokoh utama memiliki self-confidence yang kuat dalam menghadapi masalah keluarga, cinta, dan identitas diri. Ia menghadapi banyakHasil menunjukkan bahwa tokoh utama memiliki self-confidence yang kuat dalam menghadapi masalah keluarga, cinta, dan identitas diri. Ia menghadapi banyak
USDUSD Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa setuju bahwa simulasi di kelas penting bagi pembelajaran mereka karena membentuk pembelajaran yangBerdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa setuju bahwa simulasi di kelas penting bagi pembelajaran mereka karena membentuk pembelajaran yang
USDUSD Penelitian ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Inggris untuk memahami makna ungkapan yang mereka dengar dan untuk mengakui pengaruh budaya terhadap perspektifPenelitian ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Inggris untuk memahami makna ungkapan yang mereka dengar dan untuk mengakui pengaruh budaya terhadap perspektif
USDUSD Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi meme dan Instagram dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa, karena memberikanPenelitian ini menunjukkan bahwa integrasi meme dan Instagram dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa, karena memberikan