EJOURNALUNIGOROEJOURNALUNIGORO

Seminar Nasional Teknik SipilSeminar Nasional Teknik Sipil

Pembangunan Jalan Rigid Pavement adalah proyek infrastruktur yang kompleks dan memiliki potensi risiko yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko dalam Pembangunan Jalan Rigid di Bojonegoro. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan kuisioner dari para pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek Pembangunan jalan rigid. Kuisioner digunakan untuk mengumpulkan persepsi dan pandangan mereka tentang tingkat risiko pada berbagai faktor yang relevan dengan proyek. Setelah data dari kuisioner terkumpul, dilakukan Teknik analisis data FMEA (Failure Mode Effect and Analysis). FMEA digunakan untuk mengidentifikasi dan mengurutkan potensi penyebab kegagalan serta dampak yang mungkin terjadi pada proyek Pembangunan jalan rigid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis dan tindakan penanganan pada Pembangunan jalan rigid pavement di Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 faktor risiko yang mempengaruhi dalam Pembangunan jalan rigid dan terdapat 10 faktor risiko yang paling berpengaruh pada pembangunan jalan rigid yaitu faktor politik, faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor perencanaan, faktor pemasaran, faktor keuangan, faktor proyek, faktor teknis, faktor manusia, dan faktor keselamatan.

Penelitian mengidentifikasi dua belas faktor risiko pada proyek pembangunan jalan rigid pavement di Bojonegoro, dengan sepuluh faktor utama yang meliputi politik, lingkungan, perencanaan, pemasaran, ekonomi, keuangan, proyek, teknis, manusia, dan keselamatan.Faktor-faktor tersebut diuji menggunakan metode FMEA sehingga dapat diprioritaskan berdasarkan tingkat keparahan dan probabilitasnya.Hasil analisis memberikan dasar bagi pihak terkait untuk merumuskan strategi mitigasi risiko yang lebih terfokus pada faktor-faktor kritis.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengembangan model mitigasi risiko berbasis pendekatan multi‑metode yang mengintegrasikan FMEA dengan Analisis Monte Carlo untuk meningkatkan akurasi prediksi dampak risiko pada proyek jalan rigid. Selanjutnya, studi komparatif antara proyek jalan rigid di Bojonegoro dengan wilayah lain dapat menilai keberlakuan temuan risiko serta mengidentifikasi variabel kontekstual yang mempengaruhi tingkat risiko, sehingga menghasilkan rekomendasi kebijakan yang lebih adaptif. Terakhir, penelitian empiris yang melibatkan partisipasi aktif pemangku kepentingan melalui teknik Delphi dapat menguji efektivitas strategi mitigasi yang diusulkan serta mengukur perubahan persepsi risiko selama siklus hidup proyek, memberikan wawasan praktis bagi manajer proyek dalam pengambilan keputusan berbasis bukti.

  1. Identifikasi Risiko Proyek Konstruksi Gedung Di Provinsi Aceh | Hayati | Bulletin of Civil Engineering.... journal.umy.ac.id/index.php/bce/article/view/12402Identifikasi Risiko Proyek Konstruksi Gedung Di Provinsi Aceh Hayati Bulletin of Civil Engineering journal umy ac index php bce article view 12402
  1. #persepsi risiko#persepsi risiko
  2. #strategi mitigasi risiko#strategi mitigasi risiko
File size360.67 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test