JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD

Jurnal Akademika KimiaJurnal Akademika Kimia

Pengembangan keterampilan psikomotor siswa tidak cukup melalui pembelajaran teoretis di kelas saja, tetapi harus didukung oleh aktivitas kontekstual dan praktis, seperti fermentasi tape talas dengan kulit buah naga melalui penerapan lembar kerja berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis proyek dan pengembangan keterampilan psikomotor melalui pengujian karakteristik tape talas. Metode yang digunakan adalah desain pre-eksperimental dengan studi kasus satu kali, melibatkan siswa kelas sepuluh di sebuah SMA di Kota Bandung sebagai subjek penelitian. Instrumen penilaian mencakup lembar kerja berbasis proyek enam tahap, tes psikomotor yang mencakup tiga karakteristik, serta penilaian produk dan presentasi dengan masing-masing aspek delapan dan enam. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis proyek mencapai rata-rata 92, dikategorikan sangat baik. Tahap evaluasi produk mendapatkan skor tertinggi 100, sedangkan tahap eksperimen dan pengembangan prototipe mendapatkan skor terendah 88. Pengembangan keterampilan psikomotor siswa, sebagaimana diukur oleh Tes Karakteristik Tape Talas, menunjukkan rata-rata skor 95, dikategorikan sangat baik. Keterampilan psikomotor dalam uji organoleptik mendapatkan skor tertinggi 100, sedangkan uji TAT mendapatkan skor terendah 85. Penerapan lembar kerja berbasis proyek terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan psikomotor siswa melalui tahapan pembelajaran berbasis proyek.

Berdasarkan analisis kemampuan siswa dalam mengerjakan lembar kerja berbasis proyek, rata-rata skor mencapai 92, dikategorikan sangat baik.Kemampuan dalam mengevaluasi produk mendapatkan skor tertinggi 100, sedangkan tahap eksperimen dan pengembangan prototipe mendapatkan skor terendah 88.Pengembangan keterampilan psikomotor melalui Tes Karakteristik Tape Talas menunjukkan rata-rata skor 91, dikategorikan sangat baik.Keterampilan psikomotor dalam uji organoleptik mendapatkan skor tertinggi 100, sedangkan uji TAT mendapatkan skor terendah 85.Penerapan lembar kerja berbasis proyek terbukti efektif dalam mengembangkan tahapan pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan psikomotor siswa melalui uji karakteristik tape talas yang didukung kulit buah naga.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi penggunaan limbah organik lain sebagai bahan baku fermentasi untuk meningkatkan keterampilan psikomotor siswa. Selain itu, perlu dilakukan studi perbandingan antara metode fermentasi tradisional dan modern dalam konteks pembelajaran berbasis proyek. Penelitian juga dapat mengkaji dampak jangka panjang dari penerapan lembar kerja berbasis proyek terhadap perkembangan keterampilan ilmiah dan kreativitas siswa dalam konteks kimia.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size545.87 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test