PUSKOMCERIAPUSKOMCERIA

Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan TeknologiPena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan strategi pembelajaran yang diterapkan. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan instrumen tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan menggunakan uji Anova satu jalan dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa antar strategi pembelajaran. Strategi pencarian informasi (information search) terbukti lebih efektif dibandingkan strategi everyone is teacher here dan learning start with a question dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dari ketiga strategi pembelajaran yang diterapkan.Kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dengan strategi information search tidak sama dengan strategi everyone is teacher here, dan strategi information search juga tidak sama dengan strategi learning start with a question.Jika dilihat dari rata-rata, strategi information search lebih baik daripada kedua strategi lainnya.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji kombinasi strategi pembelajaran aktif seperti information search dengan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian tentang dampak jangka panjang penerapan strategi pembelajaran ini terhadap kemampuan mengajar mahasiswa di lapangan. Terakhir, penelitian bisa membandingkan efektivitas strategi pembelajaran ini dengan strategi lainnya dalam konteks pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.

  1. #analisis data mahasiswa#analisis data mahasiswa
File size39.88 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test