PUSKOMCERIAPUSKOMCERIA

Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan TeknologiPena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan penguasaan kalimat efektif antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Game Android Bahasa Indonesia (GABI) dengan mahasiswa yang menggunakan media konvensional, serta mengevaluasi efektivitas GABI. Metode yang digunakan adalah penelitian kuasi‑eksperimental dengan desain pre‑test post‑test control group. Sampel dipilih melalui cluster random sampling, dengan kelas kontrol menggunakan media PowerPoint dan kelas eksperimen menggunakan GABI. Instrumen penelitian menunjukkan validitas konstruk dan reliabilitas yang memadai. Analisis data menunjukkan bahwa distribusi skor pre‑test dan post‑test normal serta homogen. Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (t = 3,17, p = 0,002) antara kelompok eksperimen dan kontrol, serta peningkatan rata‑rata skor yang lebih besar pada kelompok eksperimen (t = 4,40, p < 0,001) dengan kenaikan sebesar 4,03 dibandingkan 0,81 pada kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa GABI lebih efektif dibandingkan media PowerPoint tradisional dalam meningkatkan penguasaan kalimat efektif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan GABI secara signifikan meningkatkan penguasaan kalimat efektif mahasiswa dibandingkan dengan penggunaan media PowerPoint tradisional.Selain itu, peningkatan rata‑rata skor post‑test pada kelompok eksperimen lebih tinggi (4,03) dibandingkan kelompok kontrol (0,81), menandakan efektivitas GABI yang lebih besar.Dengan demikian, GABI dapat dipertimbangkan sebagai alternatif media pembelajaran yang lebih efektif dalam mata kuliah Bahasa Indonesia di tingkat universitas.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki sejauh mana retensi jangka panjang kemampuan kalimat efektif mahasiswa setelah penggunaan GABI dibandingkan dengan media konvensional, dengan mengumpulkan data follow‑up beberapa bulan pasca intervensi. Selain itu, diperlukan kajian tentang adaptasi GABI untuk mengembangkan kompetensi linguistik lain, seperti penulisan argumentatif atau analisis wacana, guna mengevaluasi fleksibilitas media dalam meningkatkan berbagai aspek keterampilan menulis. Selanjutnya, penting untuk mengintegrasikan mekanisme umpan balik adaptif berbasis data dalam GABI, sehingga dapat menyesuaikan tingkat kesulitan secara dinamis dan menilai dampaknya terhadap motivasi serta prestasi akademik mahasiswa di berbagai program studi dan institusi pendidikan tinggi.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #prestasi akademik mahasiswa#prestasi akademik mahasiswa
File size39.86 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test