OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD Mukti Harjo Lor. Pendekatan ini mengaitkan konsep matematika dengan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Dalam penerapannya, media interaktif seperti wardwall digunakan untuk mendukung kolaborasi dan visualisasi ide siswa, memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi PBL dan TARL meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, serta meningkatkan keterampilan sosial dan kolaboratif siswa. Pendekatan ini juga memfasilitasi siswa dalam menghubungkan teori matematika dengan praktik yang ada di sekitar mereka, membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan menarik. Penerapan PBL dengan TARL memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SD.

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) di SD Mukti Harjo Lor menunjukkan efektivitas yang tinggi yakni 67,24% dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa.Melalui penggunaan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, mereka dapat lebih mudah mengaitkan materi matematika dengan situasi nyata.Penerapan konteks lokal dalam pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan memahami konsep matematika secara lebih mendalam, serta memperkaya pengalaman belajar mereka.

Ke depan, penelitian ini dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan pengaruh penggunaan teknologi lainnya dalam pembelajaran matematika, seperti aplikasi pembelajaran berbasis game yang interaktif. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut yang mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran PBL dan pendekatan TARL berpengaruh pada perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama di mata pelajaran lain. Peneliti juga dapat mempertimbangkan untuk menyelidiki pengaruh kolaborasi antar siswa dari latar belakang budaya yang berbeda dalam konteks pembelajaran dengan menggunakan metode ini.

  1. #konsep matematika#konsep matematika
  2. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
File size115.93 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test