PUSKOMCERIAPUSKOMCERIA

Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan TeknologiPena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional digunakan oleh semua orang di semua negara. Berdasarkan hasil observasi kepada guru Bahasa Inggris SMP N 4 Batang, terdapat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman membaca teks Deskriptif. Siswa memiliki kosakata yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) dengan bantuan Picture Strip Story dalam pemahaman membaca teks Deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok kontrol terdiri dari 33 siswa dan kelompok eksperimen terdiri dari 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman teks Deskriptif menggunakan strategi PQRST dibantu oleh Picture Strip Story efektif.

Melalui rangkaian kegiatan yang dikerjakan, diperoleh hasil bahwa penggunaan strategi PQRST dengan media Picture Strip Story efektif dalam pembelajaran Reading teks Deskriptif pada siswa kelas VIII SMP N 4 Batang.Strategi ini dapat dimanfaatkan untuk membangun kelas yang aktif dan menarik.Siswa lebih menikmati dan tertarik dalam pembelajaran, serta lebih aktif ketika belajar dalam sebuah grup.Dengan demikian, strategi PQRST dengan media Picture Strip Story dapat menjadi salah satu alternatif pendekatan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa.

Penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi pengaruh strategi PQRST dengan Picture Strip Story terhadap kemampuan menulis deskriptif siswa, mengingat pemahaman membaca yang baik merupakan fondasi penting dalam keterampilan menulis. Selain itu, penelitian dapat diperluas untuk mengeksplorasi efektivitas strategi ini pada berbagai tingkat kelas dan jenis teks lainnya. Lebih jauh lagi, studi kualitatif dapat dilakukan untuk menggali secara mendalam pengalaman siswa dalam menggunakan strategi PQRST dengan Picture Strip Story, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya, sehingga dapat diidentifikasi praktik-praktik terbaik dalam implementasi strategi ini di kelas.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
File size71.46 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test