UIN ALAUDDINUIN ALAUDDIN

Al-KalamAl-Kalam

Penelitian ini membahas tentang bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak di sekolah SDIT al-Fityan Gowa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk pendidikan anak di sekolah pada SDIT al-Fityan Gowa dan bentuk partisipasi dan pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di sekolah pada SDIT al-Fityan Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang bentuk pendidikan anak di sekolah yang dilaksanakan di SDIT al-Fityan Gowa dan mengevaluasi program yang dilaksanakan sekolah yang melibatkan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT al-Fityan dengan sumber data pengurus yayasan, kepala sekolah SDIT al-Fityan, bagian kesiswaan, guru dan orangtua siswa. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis mengikuti format penelitian evaluasi model Stake. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa pendidikan anak di sekolah yang dilakukan SDIT al-Fityan melalui kegiatan pembelajaran dengan mengikuti kurikulum muatan nasional (2013) dan muatan lokal dengan materi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, al Quran, dan TIK, juga beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti tahfidz, hafalan al Quran juz 29 dan 30, English Club dan Arabic Club, Computer Kids, Science dan Math Club, dan beberapa kegiatan olahraga dan seni. Adapun bentuk pelibatan partisipasi orangtua dilakukan melalui kegiatan home visit, pengajian bulanan, belajar al Quran mingguan dan buku muhatabaah yaumiyah. Adapun faktor pendukung dari program ini adalah dukungan manajemen yang baik, dan sumber daya sekolah yang sangat menunjang, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih banyaknya orangtua yang masih sangat sibuk sehingga belum memberi partisipasi yang maksimal. Untuk mengatasi hal itu, beberapa upaya telah dilakukan yaitu dengan menerapkan penilaian pada setiap bentuk partisipasi yang diberikan.

Pendidikan anak yang dilaksanakan di SDIT al-Fityan Gowa berorientasi pada pembentukan karakter islami.Dalam mencapai tujuan tersebut, SDIT al Fityan selain menggunakan kurikulum nasional, juga terdapat beberapa muatan lokal seperti baca tulis al Quran dan sikap terpuji serta keterampilan hidup.Pembelajaran kemampuan membaca al Quran dalam bentuk pembelajaran al Quran, dan tahfidz al Quran.Bentuk pelibatan partisipasi orangtua yang dilakukan oleh SDIT al Fityan berupa kegiatan kunjungan rumah (home visit), pengajian bulan, pembelajaran mengaji bagi orangtua, dan pengisian buku penghubung yang disebut sebagai mutabaah yaumiyah.Pelibatan ini dimaksudkan agar pembelajaran dalam bentuk pembiasaan yang dilakukan di sekolah dapat tetap terjaga dan terdampingi di rumah.Faktor-faktor yang mendukung kegiatan pelibatan partisipasi orangtua ini adalah faktor manajemen sekolah berupa pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, faktor sumber daya organisasi dan partisipasi orangtua berupa pembiayaan pendidikan dan kesediaan untuk mengikuti program yang disiapkan sekolah serta pemberian informasi tentang aktivitas anak di rumah.

Pelaksanaan pendidikan anak dengan orientasi pada pembentukan karakter islami tetap dilanjutkan dengan meningkatkan kapasitas pengelola dan sumber daya manusia lainnya terkait pengasuhan islami (parenting). Bentuk pelibatan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak agar lebih ditingkatkan, khususnya terkait hasil pengamatan terhadap aktivitas anak dan tindak lanjut serta pengelolaan hasil pengamatan kegiatan dengan mensinergikan semua unsur yang ada di sekolah untuk memantau perkembangan anak. Praktik baik yang telah dilakukan agar dapat di sosialisasikan ke sekolah-sekolah lain, agar praktik baik ini dapat diadaptasi oleh sekolah lain.

  1. #manajemen sekolah#manajemen sekolah
  2. #sdit al#sdit al
File size355.5 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test