UIN ALAUDDINUIN ALAUDDIN

Al-KalamAl-Kalam

Media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya membaca dan menulis permulaan di kelas awal, adalah media big book. Dengan penggunaan media big book, diharapkan dapat menjadi alternatif pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan pembelajaran membaca dan menulis, serta sebagai solusi bagi siswa yang kesulitan meningkatkan keterampilan membaca dan menulisnya. Media big book ini selain lebih mudah dibuat dan dirancang, juga lebih mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran proses pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar dengan menggunakan media big book, (2) gambaran keterampilan literasi siswa kelas awal sebelum dan setelah menggunakan media big book, (3) pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media big book, keterampilan literasi siswa sebelum dan setelah menggunakan media big book, serta pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen pedoman observasi dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes keterampilan literasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Selain itu, adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, yaitu diperoleh nilai p-value = 0,019 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar.

Secara umum, penggunaan media big book oleh guru telah terlaksana dengan baik meskipun tampak bahwa guru masih canggung dalam pelaksanaan pembelajaran.Hal ini dikarenakan guru belum terbiasa dengan penggunaan media big book dan adanya observer pada saat pembelajaran berlangsung.Saat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan media big book, siswa antusias dalam mengikutinya.Keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar sebelum penggunaan media big book menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh adalah 52,44 cenderung kurang, sedangkan keterampilan literasi siswa kelas awal setelah penggunaan media big book menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh adalah 83,98 cenderung sangat baik.Terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mencoba media big book pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi atau pada mata pelajaran lain untuk melihat efektivitasnya. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keterampilan literasi siswa, seperti motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Penelitian juga dapat dilanjutkan dengan mengeksplorasi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mendukung penggunaan media big book dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa.

  1. #keterampilan literasi#keterampilan literasi
  2. #literasi siswa#literasi siswa
File size378.28 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test