UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan remunerasi dan dampaknya terhadap kinerja dosen di Universitas Islam Negeri di Indonesia. Kebijakan ini, yang diinisiasi oleh pemerintah pusat sebagai bentuk pengakuan terhadap profesionalisme dosen, dinilai menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis secara menyeluruh latar belakang kebijakan, alokasi sumber daya, proses implementasi, dan hasil. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan menengah, termasuk dekan, anggota unit pengawasan internal, tim jaminan kualitas, biro perencanaan dan keuangan, departemen keuangan, dan biro personalia. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa kebijakan remunerasi secara positif mempengaruhi kinerja dosen, terutama dalam memenuhi tiga pilar pendidikan tinggi Indonesia: pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi pemimpin universitas dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas implementasi kebijakan remunerasi guna mendukung kemajuan institusi.

Evaluasi ini mengungkap bahwa kebijakan remunerasi telah menjadi katalis yang signifikan untuk meningkatkan kinerja dosen, terutama di pilar pendidikan, di dua Universitas Islam Negeri yang diteliti.Secara keseluruhan, kebijakan ini telah berhasil diterapkan dengan dukungan kepemimpinan yang kuat, koordinasi yang efektif, dan pencairan yang tepat waktu, yang pada gilirannya membangun kepercayaan dan motivasi di antara dosen.Namun, studi ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan strategis yang bisa membatasi dampak jangka panjang kebijakan tersebut.Pertama, keberhasilan kebijakan ini secara tidak langsung telah menciptakan ketidakseimbangan dalam Tri Dharma Pendidikan Tinggi.Desain insentif yang terlalu berkonsentrasi pada kegiatan edukasi (pengajaran dan pengawasan mahasiswa) telah mengakibatkan pengabaian terhadap pilar penelitian dan pengabdian masyarakat.Hal ini tidak hanya membebani dosen dengan beban pengajaran yang tinggi tetapi juga dapat mengancam peringkat akreditasi institusi, yang memerlukan kinerja yang seimbang dan berkualitas.Kedua, kapasitas pendukung untuk kebijakan ini tetap suboptimal.

Saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah, pertama, apakah penerapan kebijakan remunerasi yang saat ini ada dapat meningkatkan keseimbangan dalam pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi? Memahami dampak yang lebih luas dari kebijakan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perlunya penyesuaian kebijakan. Kedua, bagaimana integrasi teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan kebijakan remunerasi di universitas? Dengan mengadopsi teknologi yang lebih baik, diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses verifikasi serta pencairan. Ketiga, apakah dukungan yang lebih besar untuk penelitian dan pengabdian masyarakat dapat menyeimbangkan beban yang saat ini didominasi oleh pengajaran di kalangan dosen? Dengan penekanan yang lebih pada aspek-aspek ini, diharapkan hasilnya adalah peningkatan yang lebih komprehensif dalam kinerja dosen secara keseluruhan.

  1. Academics’ Perceptions on Quality in Higher Education Shaping Key Performance Indicators. academics... doi.org/10.3390/su10124752AcademicsAo Perceptions on Quality in Higher Education Shaping Key Performance Indicators academics doi 10 3390 su10124752
  2. An Empirical Analysis of Influencing Factors of Government Decision-Making on Public Crisis | Emerging... ijournalse.org/index.php/ESJ/article/view/2242An Empirical Analysis of Influencing Factors of Government Decision Making on Public Crisis Emerging ijournalse index php ESJ article view 2242
  3. CIPP model evaluation of the impact of remuneration policies on lecturer performance in Indonesian state... jurnal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/90018CIPP model evaluation of the impact of remuneration policies on lecturer performance in Indonesian state jurnal uny ac index php cp article view 90018
File size401.76 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test