UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model permainan gerak manipulatif berbasis sosiokultural terhadap keterampilan gerak manipulatif pada anak usia 5–6 tahun. Desain kuasi‑eksperimental dengan pendekatan pretest‑posttest kelompok kontrol diterapkan, melibatkan 24 siswa yang dipilih secara purposif dengan persetujuan tertulis orang tua. Kelompok eksperimen (n = 12) terdiri dari siswa TK Negeri 4 Yogyakarta, sedangkan kelompok kontrol (n = 12) berasal dari TK Negeri 11 Yogyakarta. Intervensi berupa model permainan gerak manipulatif yang dikembangkan berdasarkan perspektif sosiokultural Vygotsky, mengintegrasikan empat elemen literasi fisik dari Australian Physical Literacy Framework: keterampilan gerak manipulatif, kepercayaan diri, kolaborasi, dan pemahaman aturan. Keterampilan gerak manipulatif diukur menggunakan sub‑domain keterampilan bola pada Test of Gross Motor Development‑3 (TGMD‑3). Data dianalisis dengan uji Mann‑Whitney U dan uji Wilcoxon rank‑sum. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest (W = 56,949, p = 0,04384) serta antara kelompok kontrol dan eksperimen pada posttest (W = 44,807, p = 0,0004301). Temuan ini mengindikasikan bahwa model yang dikembangkan secara efektif meningkatkan keterampilan gerak manipulatif anak. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi prinsip belajar termediasi, scaffolding, dan zona perkembangan proksimal dalam pembelajaran fisik‑motorik anak usia dini, serta merekomendasikan penerapan model ini sebagai pendekatan alternatif pembelajaran fisik‑motorik di taman kanak‑kanak Indonesia.
Model permainan gerak manipulatif berbasis sosiokultural terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan gerak manipulatif anak usia dini, terbukti dari perbedaan nilai post‑test yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol.Integrasi elemen sosiokultural seperti buku cerita, permainan tradisional, dan interaksi kelompok kecil tidak hanya memperkuat keterampilan motorik, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan diri, kolaborasi, dan pemahaman aturan, sehingga mendukung pertumbuhan kognitif serta sosial‑emosional secara holistik.Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi instruksional alternatif, dengan kebutuhan pelatihan guru, penyediaan materi pembelajaran yang relevan secara budaya, serta dukungan kebijakan kurikulum.penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar dan desain longitudinal diperlukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang terhadap perkembangan anak.
Penelitian selanjutnya sebaiknya memperluas sampel dengan melibatkan beberapa wilayah di Indonesia untuk menguji generalisasi model permainan berbasis sosiokultural pada konteks budaya yang beragam, sehingga dapat menilai sejauh mana efektivitasnya melintasi perbedaan regional. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang memantau keberlanjutan peningkatan keterampilan gerak manipulatif selama enam hingga dua belas bulan serta dampaknya terhadap prestasi akademik dan kesejahteraan sosial‑emosional anak, guna memahami manfaat jangka panjang model ini. Selanjutnya, peneliti dapat mengeksplorasi peran keterlibatan orang tua dengan mengembangkan program pelatihan bagi orang tua untuk menerapkan kegiatan permainan serupa di rumah, sehingga menguatkan dukungan lingkungan keluarga dan mengidentifikasi bagaimana praktik di rumah berkontribusi pada pemantapan keterampilan motorik anak.
- PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF-MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK... doi.org/10.21831/cp.v0i3.1554PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK doi 10 21831 cp v0i3 1554
- Estimulación de las habilidades motrices mediante modelos de juego en alumnos de educación... revistaretos.org/index.php/retos/article/view/101743Estimulaciyn de las habilidades motrices mediante modelos de juego en alumnos de educaciyn revistaretos index php retos article view 101743
- Research on the application of zone of proximal development theory in school physical education teaching... francis-press.com/papers/7586Research on the application of zone of proximal development theory in school physical education teaching francis press papers 7586
- Sociocultural-based games enhancing manipulative movement skills in Indonesian kindergartens | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/86082Sociocultural based games enhancing manipulative movement skills in Indonesian kindergartens Jurnal journal uny ac index php cp article view 86082
| File size | 336.16 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan model one-group pretest–post-test. Partisipan terdiri dariPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan model one-group pretest–post-test. Partisipan terdiri dari
UNIDAUNIDA Terdapat mispersepsi pada responden terhadap PBMA. Dari tujuh persepsi yang diuji, lima ditemukan sebagai mispersepsi, khususnya terkait energi, kandunganTerdapat mispersepsi pada responden terhadap PBMA. Dari tujuh persepsi yang diuji, lima ditemukan sebagai mispersepsi, khususnya terkait energi, kandungan
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto denganPenelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto dengan
UNYUNY Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas NegeriEksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri
Useful /
UNNESUNNES Penelitian ini berfokus pada pengalaman, motivasi, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memengaruhi sastra melalui Sastra Nusantara. Metode penelitianPenelitian ini berfokus pada pengalaman, motivasi, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memengaruhi sastra melalui Sastra Nusantara. Metode penelitian
UNIDAUNIDA Kandungan fitokimia dalam solid dispersion menunjukkan degradasi pada suhu 175. 3 - 188. 3 °C. Pada suhu 60 °C selama 30 hari, penurunan kandungan flavonoidKandungan fitokimia dalam solid dispersion menunjukkan degradasi pada suhu 175. 3 - 188. 3 °C. Pada suhu 60 °C selama 30 hari, penurunan kandungan flavonoid
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kendati demikian, tantangan sistemik seperti kesenjangan kurikulum dengan kebutuhan industri (68,1% studi), keterlibatan industri terbatas (53% studi),Kendati demikian, tantangan sistemik seperti kesenjangan kurikulum dengan kebutuhan industri (68,1% studi), keterlibatan industri terbatas (53% studi),
UNYUNY Pemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedurPemahaman terhadap aspek penjelasan dikembangkan dari kombinasi data yang dikumpulkan dan pengetahuan yang sudah ada serta ilmuwan yang melakukan prosedur