UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model permainan gerak manipulatif berbasis sosiokultural terhadap keterampilan gerak manipulatif pada anak usia 5–6 tahun. Desain kuasi‑eksperimental dengan pendekatan pretest‑posttest kelompok kontrol diterapkan, melibatkan 24 siswa yang dipilih secara purposif dengan persetujuan tertulis orang tua. Kelompok eksperimen (n = 12) terdiri dari siswa TK Negeri 4 Yogyakarta, sedangkan kelompok kontrol (n = 12) berasal dari TK Negeri 11 Yogyakarta. Intervensi berupa model permainan gerak manipulatif yang dikembangkan berdasarkan perspektif sosiokultural Vygotsky, mengintegrasikan empat elemen literasi fisik dari Australian Physical Literacy Framework: keterampilan gerak manipulatif, kepercayaan diri, kolaborasi, dan pemahaman aturan. Keterampilan gerak manipulatif diukur menggunakan sub‑domain keterampilan bola pada Test of Gross Motor Development‑3 (TGMD‑3). Data dianalisis dengan uji Mann‑Whitney U dan uji Wilcoxon rank‑sum. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest (W = 56,949, p = 0,04384) serta antara kelompok kontrol dan eksperimen pada posttest (W = 44,807, p = 0,0004301). Temuan ini mengindikasikan bahwa model yang dikembangkan secara efektif meningkatkan keterampilan gerak manipulatif anak. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi prinsip belajar termediasi, scaffolding, dan zona perkembangan proksimal dalam pembelajaran fisik‑motorik anak usia dini, serta merekomendasikan penerapan model ini sebagai pendekatan alternatif pembelajaran fisik‑motorik di taman kanak‑kanak Indonesia.

Model permainan gerak manipulatif berbasis sosiokultural terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan gerak manipulatif anak usia dini, terbukti dari perbedaan nilai post‑test yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol.Integrasi elemen sosiokultural seperti buku cerita, permainan tradisional, dan interaksi kelompok kecil tidak hanya memperkuat keterampilan motorik, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan diri, kolaborasi, dan pemahaman aturan, sehingga mendukung pertumbuhan kognitif serta sosial‑emosional secara holistik.Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi instruksional alternatif, dengan kebutuhan pelatihan guru, penyediaan materi pembelajaran yang relevan secara budaya, serta dukungan kebijakan kurikulum.penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar dan desain longitudinal diperlukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang terhadap perkembangan anak.

Penelitian selanjutnya sebaiknya memperluas sampel dengan melibatkan beberapa wilayah di Indonesia untuk menguji generalisasi model permainan berbasis sosiokultural pada konteks budaya yang beragam, sehingga dapat menilai sejauh mana efektivitasnya melintasi perbedaan regional. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang memantau keberlanjutan peningkatan keterampilan gerak manipulatif selama enam hingga dua belas bulan serta dampaknya terhadap prestasi akademik dan kesejahteraan sosial‑emosional anak, guna memahami manfaat jangka panjang model ini. Selanjutnya, peneliti dapat mengeksplorasi peran keterlibatan orang tua dengan mengembangkan program pelatihan bagi orang tua untuk menerapkan kegiatan permainan serupa di rumah, sehingga menguatkan dukungan lingkungan keluarga dan mengidentifikasi bagaimana praktik di rumah berkontribusi pada pemantapan keterampilan motorik anak.

  1. PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF-MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK... doi.org/10.21831/cp.v0i3.1554PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK doi 10 21831 cp v0i3 1554
  2. Estimulación de las habilidades motrices mediante modelos de juego en alumnos de educación... revistaretos.org/index.php/retos/article/view/101743Estimulaciyn de las habilidades motrices mediante modelos de juego en alumnos de educaciyn revistaretos index php retos article view 101743
  3. Research on the application of zone of proximal development theory in school physical education teaching... francis-press.com/papers/7586Research on the application of zone of proximal development theory in school physical education teaching francis press papers 7586
  4. Sociocultural-based games enhancing manipulative movement skills in Indonesian kindergartens | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/86082Sociocultural based games enhancing manipulative movement skills in Indonesian kindergartens Jurnal journal uny ac index php cp article view 86082
  1. #esp course design#esp course design
  2. #uji wilcoxon#uji wilcoxon
File size336.16 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test