UNNESUNNES

Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu Kependidikan

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Indonesia berkontribusi terhadap literatur Indonesia melalui kurikulum Sastra Nusantara. Penelitian ini berfokus pada pengalaman, motivasi, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memengaruhi sastra melalui Sastra Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis data kuesioner untuk menggambarkan pengalaman dan persepsi mahasiswa dalam menulis cerita rakyat. Subjek penelitian adalah 28 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dari respons kuesioner. Temuan menunjukkan bahwa pengetahuan tentang cerita rakyat membantu mahasiswa memahami budaya lokal, meningkatkan keterampilan menulis, dan memotivasi mereka untuk terlibat aktif dalam sastra. Mahasiswa memahami bahwa sastra merupakan komponen unik dalam budaya dan sejarah bangsa yang berfungsi sebagai media untuk mengajarkan nilai moral dan tradisional. Selain itu, kreativitas dan motivasi terbukti penting dalam proses menulis cerita rakyat.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap elemen-elemen pembentuk cerita rakyat, seperti tokoh mitologis, tema, latar, dan pesan moral, serta mampu membedakan cerita rakyat dengan dongeng modern.Motivasi utama mahasiswa dalam menulis cerita rakyat adalah untuk memenuhi tugas akademik dan melestarikan budaya.Kegiatan menulis cerita rakyat memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan menulis dan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya lokal, meskipun pengalaman menulis secara mandiri masih terbatas.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam menulis cerita rakyat di luar tugas perkuliahan, mengingat sebagian besar aktivitas menulis saat ini masih didorong oleh kebutuhan akademik. Kedua, penting untuk mengeksplorasi efektivitas platform digital dalam memfasilitasi pengumpulan, penulisan, dan penyebaran cerita rakyat oleh mahasiswa, karena sumber informasi seperti media sosial dan internet mulai banyak digunakan, namun belum dimanfaatkan secara optimal dalam konteks pembelajaran. Ketiga, perlu dikaji bagaimana pengintegrasian pendekatan etnografi sederhana dalam perkuliahan Sastra Nusantara dapat membantu mahasiswa menggali cerita rakyat langsung dari komunitas lokal, sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas dan orisinalitas tulisan, tetapi juga memperkuat hubungan antara pendidikan dan pelestarian budaya secara langsung. Penelitian-penelitian tersebut dapat membuka jalan bagi pendekatan yang lebih kontekstual, mandiri, dan berkelanjutan dalam pembelajaran penulisan cerita rakyat di perguruan tinggi.

  1. RANCANG BANGUN WEBSITE KISAHLOKA: PLATFORM DIGITAL UNTUK PELESTARIAN CERITA RAKYAT INDONESIA | Jurnal... doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5306RANCANG BANGUN WEBSITE KISAHLOKA PLATFORM DIGITAL UNTUK PELESTARIAN CERITA RAKYAT INDONESIA Jurnal doi 10 23960 jitet v12i3S1 5306
  2. RESISTENSI TERHADAP PENYIMPANGAN KEKUASAAN DALAM TIGA CERPEN KALIMANTAN TIMUR | Mustikawati | LOA: Jurnal... doi.org/10.26499/loa.v14i2.1843RESISTENSI TERHADAP PENYIMPANGAN KEKUASAAN DALAM TIGA CERPEN KALIMANTAN TIMUR Mustikawati LOA Jurnal doi 10 26499 loa v14i2 1843
  3. LOCAL WISDOM OF THE PARSIDANGAN STONE LEGEND AT HUTA SIALLAGAN SAMOSIR: A LITERARY TOURISM PERSPECTIVE... doi.org/10.30743/ll.v6i1.5249LOCAL WISDOM OF THE PARSIDANGAN STONE LEGEND AT HUTA SIALLAGAN SAMOSIR A LITERARY TOURISM PERSPECTIVE doi 10 30743 ll v6i1 5249
  4. edukasi islami: jurnal pendidikan islam. motivasi guru menulis karya ilmiah faktor penyebab solusi studi... jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/3839edukasi islami jurnal pendidikan islam motivasi guru menulis karya ilmiah faktor penyebab solusi studi jurnal staialhidayahbogor ac index php ei article view 3839
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size341.48 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test