UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Bahasa Inggris masih merupakan bahasa asing yang paling dominan di negara-negara non-English speaking. Oleh karena itu, menguasainya pada tingkat yang memadai merupakan kunci komunikasi serta kualifikasi yang sangat berharga dalam pengajaran universitas. Dalam sistem pendidikan universitas Maroko, sangat sedikit studi akademik yang telah dilakukan mengenai topik ini. Penelitian ini dirancang untuk memberikan gambaran situasi saat ini serta menilai kebutuhan nyata dan operasional terkait penggunaan bahasa Inggris secara profesional dalam mengajar. Studi lintas bagian (cross-sectional) dilakukan terhadap sampel acak yang terdiri dari 200 guru yang mengajar di Institut Tinggi Keperawatan dan Teknik Kesehatan di Maroko. Survei mencatat tingkat respon yang tinggi (92%), yang mencerminkan pentingnya topik ini di kalangan populasi yang diteliti. Peserta lebih memprioritaskan keterampilan membaca dan menulis daripada mendengarkan dan berbicara. Sikap dan kebutuhan guru terhadap bahasa Inggris sangat berbeda tergantung pada latar belakang sosio-demografis dan akademis mereka. Calon doktor (PhD), karena alasan terkait penelitian ilmiah mereka, paling tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Staf pengajar di Ilmu Keperawatan dan Teknik Kesehatan menyadari nilai dari bahasa Inggris ilmiah. Namun, tingkat kemampuan bahasa Inggris mereka secara keseluruhan cenderung rendah. Untuk mengatasi kekurangan bahasa tersebut, semua guru, terutama yang terlibat dalam penelitian akademik, disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka.

Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam penelitian di bidang ilmu keperawatan dan teknik kesehatan, sehingga tidak boleh lagi diabaikan.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris ilmiah, terutama dalam aspek kognitif.Hal ini menunjukkan bahwa guru menyadari pentingnya bahasa Inggris, khususnya untuk tujuan akademik dan ilmiah.Kesadaran ini merupakan elemen kunci untuk praktik bahasa yang efisien di bidang penelitian.Hasil studi ini dapat mendorong desain dan implementasi modul bahasa Inggris ilmiah yang didedikasikan untuk pelatihan pra-layanan di tingkat sarjana, magister, dan doktoral.Program pelatihan hybrid tambahan dalam bahasa Inggris ilmiah yang disesuaikan dengan prasyarat bahasa guru dan menjawab kebutuhan pelatihan baru dalam konteks HINPHT di Maroko mungkin menjadi langkah yang tepat.

Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu dilakukan studi lanjutan yang mengevaluasi efektivitas program pelatihan bahasa Inggris ilmiah yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan guru keperawatan dan teknik kesehatan di Maroko. Penelitian selanjutnya juga dapat mengeksplorasi faktor-faktor psikologis dan sosial yang memengaruhi motivasi guru dalam mempelajari bahasa Inggris ilmiah, terutama dalam konteks publikasi internasional. Selain itu, penting untuk mengkaji pengembangan modul kurikulum bahasa Inggris ilmiah yang terintegrasi dalam pendidikan tinggi keperawatan dan teknik kesehatan, mengingat keterbatasan jam pelajaran saat ini.

  1. Writing in English as an additional language: challenges encountered by doctoral students: Higher Education... tandfonline.com/doi/full/10.1080/07294360.2020.1809354Writing in English as an additional language challenges encountered by doctoral students Higher Education tandfonline doi full 10 1080 07294360 2020 1809354
  2. Scientific English in nursing sciences and health techniques: Attitudes and language needs of teachers... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/68249Scientific English in nursing sciences and health techniques Attitudes and language needs of teachers journal uny ac index php cp article view 68249
  3. Teachers' attitudes towards Korean English in South Korea - AHN - 2014 - World Englishes - Wiley... doi.org/10.1111/weng.12081Teachers attitudes towards Korean English in South Korea AHN 2014 World Englishes Wiley doi 10 1111 weng 12081
  4. Les enjeux de l’enseignement de l’anglais médical : visée académique,... doi.org/10.4000/apliut.5501Les enjeux de lAoenseignement de lAoanglais mydicalA visye acadymique doi 10 4000 apliut 5501
  1. #mahasiswa bahasa inggris#mahasiswa bahasa inggris
  2. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
File size327.18 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test