KEMENDAGRIKEMENDAGRI
Jurnal Bina PrajaJurnal Bina PrajaManajemen perbatasan darat antara Republik Indonesia (RI) dan Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL) terkendala oleh fragmentasi struktural, yang menimbulkan dikotomi antara pendekatan keamanan dan kesejahteraan. Meskipun kebijakan telah beralih dari pendekatan perbatasan keras ke perbatasan lunak, pelaksanaannya masih didominasi oleh ego sektoral lembaga keamanan dan pembangunan, menghasilkan pembangunan infrastruktur megah yang sering menutupi masalah mendasar seperti kemiskinan dan kapasitas kelembagaan yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis dokumen kebijakan dan wawancara semi‑terstruktur di Kabupaten Belu, bertujuan mengkritisi kelemahan model tata kelola ganda yang ada serta mengusulkan solusi terintegrasi yang lebih efektif. Dengan kerangka teoretis Pemerintah, Akademisi, Pelaku Bisnis, Komunitas, dan Media, hasil menunjukkan partisipasi aktor non‑negara masih bersifat perifer dan belum terinstitusionalisasi. Sebagai kontribusi utama, artikel ini memperkenalkan Integrated Border Governance Model (IBGM) yang menolak konsep Dual Centers of Gravity dan menggantinya dengan Dewan Pemerintahan bersama yang berbasis konsensus, memberikan jalur untuk mencapai keamanan nasional melalui sinergi kedaulatan dan kesejahteraan, serta mentransformasi perbatasan menjadi jembatan kemakmuran dan keamanan bersama.
Manajemen perbatasan RI‑RDTL terhambat oleh dikotomi struktural antara keamanan dan kesejahteraan, sehingga pendekatan koordinasi sektoral terpisah tidak memadai.Kerangka Penta‑Helix menyediakan landasan teoretis yang komprehensif, dan Integrated Border Governance Model (IBGM) mengoperasionalkannya melalui satu dewan dengan partisipasi setara lima heliks.pemerintah, pelaku bisnis, komunitas, akademisi, dan media.Dengan demikian, IBGM berupaya beralih dari logika keseimbangan yang rapuh ke logika sinergi yang kuat, guna mencapai keamanan nasional melalui keamanan manusia.
Penelitian selanjutnya dapat membandingkan penerapan model Penta‑Helix di wilayah perbatasan Indonesia lainnya, seperti perbatasan dengan Malaysia di Kalimantan atau Papua New Guinea, untuk menilai adaptabilitas dan variasi konteks lokalnya; selanjutnya, dilakukan analisis kuantitatif dampak IBGM terhadap indikator kesejahteraan dan keamanan, misalnya perubahan tingkat kemiskinan, angka kejahatan lintas batas, dan indeks pembangunan manusia di kawasan RI‑RDTL dengan menggunakan desain before‑after dan wilayah kontrol; terakhir, kajian mendalam mengenai mekanisme pembangunan kepercayaan dan nilai bersama di antara beragam pemangku kepentingan dalam forum IBGM, misalnya melalui eksperimen lokakarya partisipatif yang menguji strategi komunikasi, dialog interaktif, dan prosedur pengambilan keputusan kolektif, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor kunci yang memperkuat kolaborasi lintas sektor.
- Project MUSE -- Verification required!. project muse verification required order better serve keep site... doi.org/10.1353/jod.2004.0026Project MUSE Verification required project muse verification required order better serve keep site doi 10 1353 jod 2004 0026
- Synergy of Sovereignty and Society: The Penta-Helix Model for Integrated Governance on the RI-RDTL Border... doi.org/10.21787/jbp.17.2025.2686Synergy of Sovereignty and Society The Penta Helix Model for Integrated Governance on the RI RDTL Border doi 10 21787 jbp 17 2025 2686
- DOI Name 10.21787 Values. name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix... doi.org/10.21787DOI Name 10 21787 Values name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix doi 10 21787
- Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... academic.oup.com/jpart/article/18/4/543/1090370Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content academic oup jpart article 18 4 543 1090370
| File size | 128.35 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN MADURAIAIN MADURA Ekonomi Islam juga telah diajarkan di universitas-sebagai bidang ilmu universitas Eropa dan Amerika. Di Indonesia jumlah perguruan tinggi penyelengaraEkonomi Islam juga telah diajarkan di universitas-sebagai bidang ilmu universitas Eropa dan Amerika. Di Indonesia jumlah perguruan tinggi penyelengara
UIDUID Hal ini mengakibatkan kebingungan dalam pelaksanaan penyertaan modal negara kepada Lembaga Keuangan Internasional. Siapa pihak yang berwenang, instrumenHal ini mengakibatkan kebingungan dalam pelaksanaan penyertaan modal negara kepada Lembaga Keuangan Internasional. Siapa pihak yang berwenang, instrumen
IFRELIFREL Penelitian ini bertujuan merumuskan model tata kelola organisasi masyarakat sipil berbasis nilai Islam, menggunakan tiga kerangka teori: Teori MaqāṣidPenelitian ini bertujuan merumuskan model tata kelola organisasi masyarakat sipil berbasis nilai Islam, menggunakan tiga kerangka teori: Teori Maqāṣid
JIMF BIJIMF BI Model ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional serta memperdalam produk keuangan Islam inklusif di sektor pertanian.Model ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional serta memperdalam produk keuangan Islam inklusif di sektor pertanian.
ILOMATAILOMATA Informasi mengenai potensi kebangkrutan tidak diungkapkan dalam laporan tahunan, sehingga disarankan kepada pemangku kepentingan agar penerbit baru wajibInformasi mengenai potensi kebangkrutan tidak diungkapkan dalam laporan tahunan, sehingga disarankan kepada pemangku kepentingan agar penerbit baru wajib
NEWINERANEWINERA Namun, keberhasilan kebijakan ini sangat bergantung pada dukungan komunitas yang mematuhi prosedur pemerintah pusat, WHO, dan otoritas lokal dalam menerapkanNamun, keberhasilan kebijakan ini sangat bergantung pada dukungan komunitas yang mematuhi prosedur pemerintah pusat, WHO, dan otoritas lokal dalam menerapkan
KOMPETIFKOMPETIF Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu tim penggerak PKK (ketua, sekretaris danMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu tim penggerak PKK (ketua, sekretaris dan
UGMUGM Fleksibilitas keuangan juga membantu perusahaan selama krisis ekonomi, namun tidak ditemukan perbedaan signifikan antara negara berkembang dan maju, atauFleksibilitas keuangan juga membantu perusahaan selama krisis ekonomi, namun tidak ditemukan perbedaan signifikan antara negara berkembang dan maju, atau
Useful /
STISIPOLRAJAHAJISTISIPOLRAJAHAJI Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya gap implementasi antara apa yang dirumuskan di dalam perppu nomor 2 tahun 2022 dengan implementasi yangHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya gap implementasi antara apa yang dirumuskan di dalam perppu nomor 2 tahun 2022 dengan implementasi yang
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Keberhasilan program bergantung pada integrasi yang kuat antara Kementerian Pendidikan, sekolah mitra, dan para repatriat, serta pemeliharaan pola sosialisasiKeberhasilan program bergantung pada integrasi yang kuat antara Kementerian Pendidikan, sekolah mitra, dan para repatriat, serta pemeliharaan pola sosialisasi
IFRELIFREL Formulasi tujuan pendidikan yang tepat dan efektif sangat penting dalam mewujudkan visi dan misi lembaga pendidikan, terutama di tingkat Madrasah AliyahFormulasi tujuan pendidikan yang tepat dan efektif sangat penting dalam mewujudkan visi dan misi lembaga pendidikan, terutama di tingkat Madrasah Aliyah
UDSUDS Tersedak merupakan kondisi gawat darurat yang harus cepat ditangani, bila terlalu lama akan mengakibatkan kekurangan oksigen dan mengakibatkan kematianTersedak merupakan kondisi gawat darurat yang harus cepat ditangani, bila terlalu lama akan mengakibatkan kekurangan oksigen dan mengakibatkan kematian