ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Salah satu permasalahan yang dihadapi guru pada materi persamaan lingkaran adalah belum adanya bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan-kegiatan terstruktur seperti Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD persamaan lingkaran berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kami menggunakan instrumen lembar validasi, respon peserta didik, observasi, wawancara, dan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) produk e-LKPD untuk materi dan media dikategorikan sangat valid; (2) siswa memberikan respon sangat baik; (3) e-LKPD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian juga menyarankan bahwa ditemukan beberapa kendala saat menggunakan aplikasi tersebut, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.Pertama, pengembangan e-LKPD melibatkan analisis kurikulum dan materi.Dari hasil penelitian, e-LKPD dikategorikan valid berdasarkan penilaian ahli dan memenuhi kriteria efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat didukung oleh beberapa fitur pada aplikasi e-LKPD, meskipun masih terdapat beberapa kendala berkaitan implementasinya.

Untuk penelitian lanjutan, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam tentang dampak penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning pada materi matematika lain selain persamaan lingkaran. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi bagaimana e-LKPD dapat dioptimalkan untuk digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran, termasuk pembelajaran daring dan tatap muka. Selain itu, penelitian juga dapat mengevaluasi efektivitas e-LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tingkat sekolah yang berbeda, seperti SMA atau perguruan tinggi. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang manfaat dan keterbatasan penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

  1. Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
  2. Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
  3. Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning | Jurnal Riset... doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning Jurnal Riset doi 10 21831 jrpm v6i1 21396
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
File size782.69 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test