UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini mengkaji pengaruh reward dan komitmen terhadap kepemimpinan transformasional serta dampaknya terhadap kepuasan kerja guru di sektor pendidikan Provinsi Riau, Indonesia. Penelitian melibatkan 250 guru sekolah dari berbagai tingkat pendidikan yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria seperti minimal dua tahun pengalaman mengajar dan aktif mengikuti kegiatan pengembangan profesional. Hubungan antara reward, komitmen, kepemimpinan transformasional, dan kepuasan kerja dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa reward dan komitmen memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepemimpinan transformasional, yang selanjutnya berperan sebagai variabel mediasi dalam meningkatkan kepuasan kerja guru. Analisis bootstrapping menunjukkan signifikansi statistik yang kuat (p-value = 0.000), sehingga mendukung semua hipotesis yang diajukan. Selain itu, model menunjukkan reliabilitas konstruk yang tinggi dan validitas, di mana semua variabel memenuhi standar validitas konvergen dan diskriminan. Temuan ini menekankan pentingnya implementasi sistem reward yang efektif dan penguatan komitmen organisasi untuk mendorong praktik kepemimpinan transformasional di sekolah. Upaya tersebut berkontribusi pada peningkatan motivasi, kepuasan, dan kinerja profesional guru. Penelitian ini memperkaya literatur mengenai kepemimpinan pendidikan dan memberikan wawasan praktis bagi pimpinan sekolah serta pembuat kebijakan untuk mendukung kesejahteraan guru serta meningkatkan hasil pendidikan di sekolah.
Penelitian ini mengonfirmasi adanya hubungan signifikan antara reward, komitmen, kepemimpinan transformasional, dan kepuasan kerja guru.Sesuai hipotesis, reward dan komitmen secara langsung memengaruhi kepemimpinan transformasional yang kemudian menjadi mediator dalam meningkatkan kepuasan kerja.Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa sistem reward yang efektif dan tingkat komitmen organisasi yang tinggi mampu mendorong kepemimpinan transformasional, yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kepuasan kerja dalam konteks pendidikan.Studi ini juga menyarankan perlunya kebijakan yang mendorong pemberian apresiasi serta dukungan organisasi sebagai pilar utama strategi kepemimpinan di sekolah.
Penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi bagaimana jenis-jenis reward tertentu, seperti apresiasi publik atau kesempatan pengembangan karier, memengaruhi kepuasan kerja guru secara lebih rinci dalam konteks berbeda di Indonesia. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan komitmen organisasi guru melalui partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan sekolah serta program pembinaan jangka panjang. Studi longitudinal juga diperlukan untuk memahami apakah pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru bertahan seiring waktu dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kualitas pengajaran serta hasil belajar siswa secara berkelanjutan.
- The Relationship between Exercise Participation Satisfaction, Exercise Commitment, and Exercise Adherence... doi.org/10.20944/preprints202312.1321.v1The Relationship between Exercise Participation Satisfaction Exercise Commitment and Exercise Adherence doi 10 20944 preprints202312 1321 v1
- The principal instructional leadership model based on action learning to Improve Quality Education (SDGs... doi.org/10.1051/e3sconf/202456804028The principal instructional leadership model based on action learning to Improve Quality Education SDGs doi 10 1051 e3sconf 202456804028
- The Impact of Teacher Training, School Leadership, and Curriculum Innovation on Student Performance and... esj.eastasouth-institute.com/index.php/esle/article/view/369The Impact of Teacher Training School Leadership and Curriculum Innovation on Student Performance and esj eastasouth institute index php esle article view 369
- Effect of Instructional Leadership, Principal Efficacy, Teacher Efficacy and School Climate on Students’... richtmann.org/journal/index.php/ajis/article/view/11674Effect of Instructional Leadership Principal Efficacy Teacher Efficacy and School Climate on StudentsAo richtmann journal index php ajis article view 11674
- Digital Literacy, Skills, and Security: Impact on Digital Leadership in Higher Education | Pranata |... doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i3.8538Digital Literacy Skills and Security Impact on Digital Leadership in Higher Education Pranata doi 10 33650 al tanzim v8i3 8538
| File size | 409.66 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Intervensi berupa model permainan gerak manipulatif yang dikembangkan berdasarkan perspektif sosiokultural Vygotsky, mengintegrasikan empat elemen literasiIntervensi berupa model permainan gerak manipulatif yang dikembangkan berdasarkan perspektif sosiokultural Vygotsky, mengintegrasikan empat elemen literasi
UNYUNY Sikap dan kebutuhan guru terhadap bahasa Inggris sangat berbeda tergantung pada latar belakang sosio-demografis dan akademis mereka. Calon doktor (PhD),Sikap dan kebutuhan guru terhadap bahasa Inggris sangat berbeda tergantung pada latar belakang sosio-demografis dan akademis mereka. Calon doktor (PhD),
UNYUNY Lingkup penelitian yang hanya satu institusi dan jumlah sampel yang terbatas membatasi generalisasi; disarankan studi lebih besar dan beragam dengan ukuranLingkup penelitian yang hanya satu institusi dan jumlah sampel yang terbatas membatasi generalisasi; disarankan studi lebih besar dan beragam dengan ukuran
UNYUNY Pendekatan otoritatif lebih mendukung keseimbangan antara disiplin dan kemandirian anak, sedangkan pendekatan otoriter dan permisif masing-masing memilikiPendekatan otoritatif lebih mendukung keseimbangan antara disiplin dan kemandirian anak, sedangkan pendekatan otoriter dan permisif masing-masing memiliki
Useful /
UNYUNY Penelitian ini mengidentifikasi pola pendidikan multikultural yang berbeda di tiga SMA di Yogyakarta, masing-masing menumbuhkan toleransi melalui pendekatanPenelitian ini mengidentifikasi pola pendidikan multikultural yang berbeda di tiga SMA di Yogyakarta, masing-masing menumbuhkan toleransi melalui pendekatan
UNYUNY Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatan dan motivasi siswa di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,000). AnalisisHasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatan dan motivasi siswa di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,000). Analisis
UNYUNY Pengenalan ChatGPT dalam pendidikan telah memicu diskusi kompleks di antara pendidik di Kalimantan Timur, mengungkap potensi transformasi serta tantanganPengenalan ChatGPT dalam pendidikan telah memicu diskusi kompleks di antara pendidik di Kalimantan Timur, mengungkap potensi transformasi serta tantangan
UNYUNY Temuan menunjukkan bahwa kebijakan remunerasi secara positif mempengaruhi kinerja dosen, terutama dalam memenuhi tiga pilar pendidikan tinggi Indonesia:Temuan menunjukkan bahwa kebijakan remunerasi secara positif mempengaruhi kinerja dosen, terutama dalam memenuhi tiga pilar pendidikan tinggi Indonesia: