UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Interaksi guru sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran basket berbasis Game-Centered Approach (GCA). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana interaksi guru memengaruhi keterlibatan dan motivasi siswa dalam kerangka pedagogis tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan peserta siswa sekolah menengah pertama. Kelompok eksperimen menerima strategi interaksi guru yang ditingkatkan, seperti memberikan umpan balik, mengajukan pertanyaan reflektif, dan memfasilitasi diskusi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui kuesioner pra‑ dan pasca‑test, observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatan dan motivasi siswa di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,000). Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan dan uji t independen mengonfirmasi bahwa interaksi guru dalam pembelajaran basket berbasis GCA meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menegaskan peran penting guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru dalam pembelajaran basket berbasis Game-Centered Approach secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, menawarkan pengalaman belajar yang lebih dinamis dengan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan serta pemahaman taktik yang lebih mendalam.Meskipun strategi ini efektif, penerapannya menghadapi tantangan seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dan keterbatasan waktu belajar, yang menuntut adaptasi guru serta pelatihan khusus untuk memperkuat keterampilan interaksi.Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi konsekuensi jangka panjang strategi ini terhadap perkembangan keterampilan motorik dan sosial siswa serta penerapannya pada konteks olahraga lain.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana strategi interaksi guru yang dibedakan menurut tingkat kemampuan siswa dapat meningkatkan efektivitas pendekatan Game‑Centered dalam kelas basket, dengan menilai apakah penyesuaian umpan balik, pertanyaan reflektif, dan diskusi yang dipersonalisasi menghasilkan peningkatan keterlibatan dan motivasi pada kelompok belajar yang heterogen. Selain itu, studi longitudinal dapat meneliti pengaruh penambahan atau penataan ulang waktu pembelajaran—misalnya melalui modul mingguan yang lebih panjang atau sesi intensif—terhadap keberlanjutan motivasi siswa dan kualitas pemahaman taktik dalam pembelajaran berbasis game, sehingga mengidentifikasi pola waktu optimal untuk interaksi guru. Selanjutnya, penelitian komparatif dapat mengevaluasi penerapan model interaksi guru yang berhasil pada pembelajaran basket ke dalam olahraga tim lain seperti voli atau sepak bola, dengan mengukur dampaknya terhadap perkembangan keterampilan motorik dan sosial siswa selama periode beberapa semester, guna menentukan sejauh mana pendekatan ini dapat digeneralisasi lintas disiplin olahraga.

  1. Iberoamerican Journal of Science Measurement and Communication. comparative analysis teacher centered... doi.org/10.47909/ijsmc.117Iberoamerican Journal of Science Measurement and Communication comparative analysis teacher centered doi 10 47909 ijsmc 117
  2. Teacher interaction enhances engagement and motivation in game-centered basketball learning | Jurnal... doi.org/10.21831/cp.v44i3.84299Teacher interaction enhances engagement and motivation in game centered basketball learning Jurnal doi 10 21831 cp v44i3 84299
  1. #esp course design#esp course design
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
File size279.97 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test