UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat nilai mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis berkorelasi dengan model mental kimia sekolah. Penelitian dilakukan dengan metode cross-section terhadap 124 mahasiswa calon guru kimia di sebuah LPTK di Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir logis (meliputi penalaran proporsional, pengontrolan variabel, penalaran kombinasi, penalaran probabilistik, dan penalaran korelasional) dan tes diagnostik model mental kimia sekolah (meliputi stoikiometri, termokimia, kesetimbangan kimia, laju reaksi, dan asam-basa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rerata model mental kimia sekolah berdasarkan tingkat kelas, tetapi tidak pada rerata kemampuan berpikir logis. Selain itu, tingkat kemampuan berpikir logis mahasiswa berkorelasi kuat dengan model mental kimia sekolah.
Kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru kimia tidak menunjukkan perbedaan signifikan berdasarkan tingkat kelas, meskipun cenderung meningkat secara tren.Sebaliknya, model mental kimia sekolah menunjukkan peningkatan signifikan seiring tingkat kelas, kecuali pada tingkat III yang mengalami penurunan sementara.Kemampuan berpikir logis berkorelasi sangat kuat dengan model mental kimia sekolah, menunjukkan bahwa logika berpikir menjadi fondasi penting dalam membangun pemahaman konseptual kimia.
Penelitian selanjutnya dapat menggali bagaimana desain pembelajaran kimia yang secara sengaja melatih penalaran proporsional dan pengontrolan variabel dapat meningkatkan model mental siswa, terutama pada mahasiswa tingkat awal yang masih berada di tahap konkret. Selain itu, perlu diteliti mengapa mahasiswa tingkat III mengalami penurunan model mental kimia meski telah mengambil mata kuliah kimia lanjut, apakah karena kurikulum yang terlalu abstrak atau tidak terhubung dengan konsep dasar sekolah. Terakhir, penelitian bisa mengembangkan intervensi berbasis simulasi atau visualisasi untuk membantu mahasiswa membangun model mental yang akurat pada topik sulit seperti kesetimbangan dan termokimia, dengan memantau perubahan berpikir logis mereka secara longitudinal.
| File size | 74.71 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap umpan balik korektif lisan yang diberikan dosen pada kelas berbicara. Survei melibatkanPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap umpan balik korektif lisan yang diberikan dosen pada kelas berbicara. Survei melibatkan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guruPenelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru
UNYUNY Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswaTujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa
UNYUNY Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil: (1) draf kerangka pengembangan model PLP Penjas; (2) penyusunan PLP Penjas; dan (3) studi kelayakanBerdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil: (1) draf kerangka pengembangan model PLP Penjas; (2) penyusunan PLP Penjas; dan (3) studi kelayakan
Useful /
UNIMALUNIMAL Kenaikan suhu terpanas di atas penutup oli, kenaikan suhu tempat terpanas di atas oli (θg = 20 0C; 20 0C). Rasio rugi beban terhadap rugi eksitasi bebanKenaikan suhu terpanas di atas penutup oli, kenaikan suhu tempat terpanas di atas oli (θg = 20 0C; 20 0C). Rasio rugi beban terhadap rugi eksitasi beban
UNIMALUNIMAL Untuk mengurangi dampak buruk dari sistem tenaga yang tidak dikelola, re-konfigurasi jaringan distribusi menyediakan solusi yang efektif. Makalah ini membahasUntuk mengurangi dampak buruk dari sistem tenaga yang tidak dikelola, re-konfigurasi jaringan distribusi menyediakan solusi yang efektif. Makalah ini membahas
UNIMALUNIMAL Perhitungan menggunakan metode Equal Incremental Cost dengan regresi linear menghasilkan biaya sebesar 13.722,857 $/h pada beban maksimum 278 MW danPerhitungan menggunakan metode Equal Incremental Cost dengan regresi linear menghasilkan biaya sebesar 13.722,857 $/h pada beban maksimum 278 MW dan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas weblog dan facebook ketika digunakan secara integratif untuk melengkapi pembelajaran. PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas weblog dan facebook ketika digunakan secara integratif untuk melengkapi pembelajaran. Penelitian