IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Perkembangan pesat Kecerdasan Buatan (AI) membuka peluang baru untuk meningkatkan perancangan kurikulum Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Meskipun AI telah banyak diteliti di lingkungan sumber daya tinggi, masih minim studi tentang penerapannya di daerah dengan infrastruktur dan pelatihan terbatas, seperti Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini meneliti kesadaran pemangku kepentingan terhadap AI, pandangan mereka tentang kelebihan dan hambatan, serta potensi AI dalam pembuatan kurikulum ELT. Metode campuran data dikumpulkan dari 178 responden (100 siswa, 60 guru, 18 administrator) melalui kuesioner terstruktur dan wawancara semi‑struktur. Hasil menunjukkan kesadaran AI yang moderat, di mana pengenalan manfaat AI berdampak positif terhadap persepsi. Penelitian menyoroti kebutuhan pengembangan profesional, alokasi sumber daya strategis, serta integrasi kompetensi AI dalam kerangka kurikulum nasional.
Penggunaan AI dalam pembuatan kurikulum ELT di sekolah menengah Sulawesi Selatan dibuktikan memiliki manfaat berupa pembelajaran yang dipersonalisasi, umpan balik cepat, dan bantuan instruksional adaptif.Namun, pelaksanaan AI masih terbatas akibat kurangnya pelatihan guru dan sarana teknologi yang memadai.Untuk memaksimalkan potensi AI, perlu diarahkan pengembangan profesional, investasi infrastruktur, dan revisi kurikulum nasional agar memasukkan kompetensi AI secara eksplisit.
Pertama, dilakukan penelitian longitudinal selama tiga tahun meneliti pengaruh penggunaan AI pada peningkatan kompetensi bahasa Inggris siswa, dengan membandingkan skor ujian nasional sebelum dan sesudah intervensi. Kedua, uji eksperimen terhadap aplikasi pembelajaran berbasis AI—seperti asisten menulis adaptif atau platform penguatan kosakata—dapat mengukur dampaknya pada kemampuan berbicara dan menulis, sehingga memberikan data evidence‑based untuk pemilihan alat. Ketiga, perbandingan lintas wilayah, antara Sulawesi Selatan dan provinsi sebanding yang memiliki kondisi sosio‑ekonomi serupa, akan memberikan wawasan mengenai hambatan kontekstual yang bersifat umum dan solusi yang dapat disebarkan secara regional. Dengan demikian, kajian ini tidak hanya memperluas pengetahuan kuantitatif tentang AI, tetapi juga menaruh dasar bagi kebijakan integrasi teknologi edukasi di tingkat nasional. Mentah, pengumpulan data mahasiswa tingkat akhir dan pengembang perangkat lunak AI lokal juga dapat memperkaya hasil, sehingga menciptakan kerangka penelitian holistik yang dapat diaplikasikan di pendidikan menengah bahasa Inggris nasional. Dengan kombinasi meletakkan penekanan pada pelatihan guru, penyediaan infrastruktur, serta evaluasi berkala, penelitian lanjutan dapat menghasilkan rekomendasi praktis bagi sekolah menengah di seluruh Indonesia.
- Incorporating an ICT-Competency Framework and Problem-Solving Skills. competency framework problem solving... cgscholar.com/bookstore/works/incorporating-an-ictcompetency-framework-and-problemsolving-skillsIncorporating an ICT Competency Framework and Problem Solving Skills competency framework problem solving cgscholar bookstore works incorporating an ictcompetency framework and problemsolving skills
- Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/JSIT-10-2024-0377Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 JSIT 10 2024 0377
- A comprehensive exploration of artificial intelligence competence frameworks for educators: A critical... doi.org/10.1111/ejed.12663A comprehensive exploration of artificial intelligence competence frameworks for educators A critical doi 10 1111 ejed 12663
- Full article: How challenging? Barriers for teachers in institutional implementation of blended learning.... tandfonline.com/doi/full/10.1080/02680513.2024.2342922Full article How challenging Barriers for teachers in institutional implementation of blended learning tandfonline doi full 10 1080 02680513 2024 2342922
| File size | 896.3 KB |
| Pages | 38 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI The findings underscore the importance of fostering a learning environment that supports learner autonomy and cultivates positive emotional experiences.The findings underscore the importance of fostering a learning environment that supports learner autonomy and cultivates positive emotional experiences.
POLIMEDIAPOLIMEDIA Oleh karena itu, integrasi teknologi pembelajaran berbasis AI dalam lingkungan sekolah perlu didorong guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan globalOleh karena itu, integrasi teknologi pembelajaran berbasis AI dalam lingkungan sekolah perlu didorong guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pendekatan campuran digunakan, menggabungkan analisis dokumen kurikulum dengan survei terhadap perwakilan industri untuk menilai kompetensi lulusan. HasilPendekatan campuran digunakan, menggabungkan analisis dokumen kurikulum dengan survei terhadap perwakilan industri untuk menilai kompetensi lulusan. Hasil
IRPIIRPI Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan kebijakan pendidikan yang lebih merata dan tepat sasaran. Penelitian ini menunjukkanHasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan kebijakan pendidikan yang lebih merata dan tepat sasaran. Penelitian ini menunjukkan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi tingkat kebugaran fisik yang rendah, khususnya VO₂Max, di kalangan siswi SMP yang berdampak pada kesehatan danPenelitian ini dilakukan untuk mengatasi tingkat kebugaran fisik yang rendah, khususnya VO₂Max, di kalangan siswi SMP yang berdampak pada kesehatan dan
POLIMEDIAPOLIMEDIA Berdasarkan itu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki sebuah website bagi perusahaan, organisasi maupun perorangan. Bimbingan belajar AIUEOBerdasarkan itu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki sebuah website bagi perusahaan, organisasi maupun perorangan. Bimbingan belajar AIUEO
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil tersebut menekankan pentingnya strategi manajemen sekolah terintegrasi yang memperkuat kapasitas kepemimpinan sekaligus menumbuhkan budaya sekolahHasil tersebut menekankan pentingnya strategi manajemen sekolah terintegrasi yang memperkuat kapasitas kepemimpinan sekaligus menumbuhkan budaya sekolah
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Implementasi ini direkomendasikan dalam pengembangan pendidikan inklusif. Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk pendidikan kejuruan kulinerImplementasi ini direkomendasikan dalam pengembangan pendidikan inklusif. Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk pendidikan kejuruan kuliner