UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru. Populasi penelitian meliputi 81 orang guru sekolah dasar negeri di Kota Merauke. Tabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru (85,19% populasi). Data variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, kepuasan kerja guru, dan kinerja guru dikumpulkan dengan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan path analysis dengan program SPSS for Windows Release 15. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, moral kerja, dan kinerja guru SD Negeri di Kota Merauke.Kepuasan kerja guru secara positif memengaruhi moral kerja serta kinerja guru.Moral kerja guru juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja guru.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji secara mendalam komponen-komponen spesifik kepemimpinan transformasional—seperti pengaruh idealized influence dan inspirational motivation—terhadap moral kerja dan kinerja guru di berbagai konteks sekolah, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang paling kuat dalam meningkatkan performa guru. Selain itu, penting untuk menyelidiki peran mediasi iklim organisasi antara kepuasan kerja guru dan kinerja mereka, guna memahami bagaimana lingkungan kerja dapat memperkuat atau melemahkan hubungan tersebut. Penelitian longitudinal mengenai efek program pengembangan profesional bagi kepala sekolah terhadap keberlanjutan moral kerja dan kinerja guru juga diperlukan, sehingga dapat menilai dampak jangka panjang pelatihan dan peningkatan kapasitas kepemimpinan pada kualitas pendidikan. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, studi lanjutan dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif untuk kebijakan dan praktik peningkatan kinerja guru.
| File size | 120.02 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa memandang umpan balik korektif lisan sebagai komponen penting dalam pembelajaran bahasa dan sangat membantu peningkatanHasil menunjukkan bahwa mahasiswa memandang umpan balik korektif lisan sebagai komponen penting dalam pembelajaran bahasa dan sangat membantu peningkatan
UNYUNY Model pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping polaModel pembelajaran teknik draping berbantuan video merupakan produk hasil penelitian dan pengembangan melalui enam tahapan untuk kompetensi draping pola
UNYUNY Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasiPenelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasi
Useful /
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi-kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi-kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitian
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pendidikan gender yang dapat diterapkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan KeluargaPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pendidikan gender yang dapat diterapkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
UNYUNY Warna lukisan ekpresif-imajinatif, bukan imitatif. Lukisan anak hasil belajar dalam lomba unik, ekspresif, imajinatif, spontan, dan estetik. Tujuan utamaWarna lukisan ekpresif-imajinatif, bukan imitatif. Lukisan anak hasil belajar dalam lomba unik, ekspresif, imajinatif, spontan, dan estetik. Tujuan utama
UNYUNY Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mentalTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mental