E SIBERE SIBER

Siber International Journal of Sport EducationSiber International Journal of Sport Education

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran motivasi, disiplin belajar, dan kompetensi terhadap pencapaian belajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur perpustakaan dengan sumber daring seperti Google Scholar, Mendeley, dan media online lainnya. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) motivasi berperan dalam meningkatkan pencapaian belajar, (2) disiplin belajar berperan dalam meningkatkan pencapaian belajar, dan (3) kompetensi berperan dalam meningkatkan pencapaian belajar. Selain tiga variabel eksogen tersebut, terdapat faktor-faktor lain yang memengaruhi kualitas pendidikan, antara lain lingkungan, budaya organisasi, dan kurikulum.

Disiplin belajar berperan dalam peningkatan pencapaian belajar.

Penelitian selanjutnya dapat melakukan studi kuantitatif dengan survei terhadap siswa sekolah menengah di Indonesia untuk menguji pengaruh motivasi, disiplin belajar, dan kompetensi terhadap pencapaian belajar, serta mengeksplorasi peran mediasi self‑efficacy. Selain itu, dilakukan penelitian longitudinal yang melacak perubahan motivasi, disiplin, dan kompetensi selama periode waktu tertentu untuk menilai dampaknya pada pencapaian belajar, dengan memperhatikan peran sumber belajar digital sebagai variabel moderasi. Selanjutnya, dapat dirancang intervensi eksperimental berupa pelatihan manajemen waktu untuk meningkatkan disiplin belajar, kemudian mengukur pengaruhnya terhadap pencapaian belajar, sambil meneliti bagaimana lingkungan kelas memoderasi efektivitas intervensi tersebut.

  1. #peran motivasi#peran motivasi
File size118.86 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test