UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Sistem AI seperti ChatGPT dengan cepat mengubah pendidikan, memberikan guru baik peluang baru maupun masalah baru untuk dihadapi. Penelitian ini menyelidiki pentingnya ChatGPT yang berkembang dalam lingkungan pendidikan Kalimantan Timur, dengan fokus pada persepsi pendidik dan praktisi terhadap keuntungannya, kendala, dan pertimbangan etis. Desain kualitatif digunakan, menggabungkan wawancara semi-terstruktur dengan 15 peserta (N=15), yang terdiri dari guru, administrator, dan instruktur vokasional dari berbagai tingkatan pendidikan. Peserta direkrut secara sengaja melalui jaringan profesional untuk memastikan representasi konteks institusi yang berbeda. Data dikumpulkan dari Maret hingga Mei 2024 dan dianalisis melalui analisis tematik reflektif untuk mengidentifikasi tema utama dan makna interpretatif. Kepatuhan ketat terhadap protokol etis dipertahankan, termasuk persetujuan yang diinformasikan, kerahasiaan, dan partisipasi sukarela. Sembilan tema muncul: Katalis untuk Inovasi, Meningkatkan Aksesibilitas, Efisiensi, dan Dukungan Guru, Ancaman terhadap Berpikir Kritis, Dilema Etis, Keterbelakangan Digital, Menyeimbangkan Interaksi Manusia, Depersonalisasi Pendidikan, dan Adaptasi Berkelanjutan. Hasil menunjukkan bahwa ChatGPT mendorong pembelajaran yang dipersonalisasi, inklusi bahasa, dan pengajaran yang efisien, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran etis dan memperburuk ketidakadilan digital.

Pengenalan ChatGPT dalam pendidikan telah memicu diskusi kompleks di antara pendidik di Kalimantan Timur, mengungkap potensi transformasi serta tantangan yang signifikan.Penelitian ini mengidentifikasi ChatGPT sebagai katalis untuk inovasi melalui pembelajaran yang dipersonalisasi, meningkatkan aksesibilitas dengan menjembatani rintangan linguistik, dan sumber efisiensi dengan mengotomatiskan tugas administratif.Namun, manfaat ini dibayangi oleh kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap berpikir kritis, dilema etis seperti plagiarisme, keterbelakangan digital, depersonalisasi pembelajaran, dan perlunya menjaga interaksi manusia.Temuan ini menekankan perlunya pendekatan yang seimbang dan hati-hati terhadap integrasi AI.Sementara ChatGPT sejalan dengan tujuan yang lebih luas untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif, implementasinya harus memperhatikan masalah etis dan pedagogis untuk memastikan keadilan dan tanggung jawab.

Bagaimana kita bisa mengkaji lebih dalam dampak penggunaan ChatGPT terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa di berbagai tingkatan pendidikan? Penelitian selanjutnya juga sebaiknya berfokus pada pengembangan pedoman etika yang jelas untuk penggunaan AI di pendidikan, dengan melibatkan pendidik dan siswa dalam proses tersebut. Selain itu, kajian tentang bagaimana infrastruktur digital di berbagai wilayah berpengaruh pada efektivitas penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran dapat memberikan wawasan yang berharga dalam menciptakan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif.

  1. ChatGPT Challenges Blended Learning Methodologies in Engineering Education: A Case Study in Mathematics.... mdpi.com/2076-3417/13/10/6039ChatGPT Challenges Blended Learning Methodologies in Engineering Education A Case Study in Mathematics mdpi 2076 3417 13 10 6039
  2. A Critical Review of ChatGPT as a Potential Substitute for Diabetes Educators | Cureus. critical review... doi.org/10.7759/cureus.38380A Critical Review of ChatGPT as a Potential Substitute for Diabetes Educators Cureus critical review doi 10 7759 cureus 38380
  3. current existence of ChatGPT in education: a double-edged sword? | Journal of Public Health | Oxford... academic.oup.com/jpubhealth/article/45/4/e799/7191715current existence of ChatGPT in education a double edged sword Journal of Public Health Oxford academic oup jpubhealth article 45 4 e799 7191715
  4. Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits... papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4337484Education in the Era of Generative Artificial Intelligence AI Understanding the Potential Benefits papers ssrn sol3 papers cfm abstract id 4337484
  5. ChatGPT Utility in Healthcare Education, Research, and Practice: Systematic Review on the Promising Perspectives... doi.org/10.3390/healthcare11060887ChatGPT Utility in Healthcare Education Research and Practice Systematic Review on the Promising Perspectives doi 10 3390 healthcare11060887
File size369.2 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test