SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Ini adalah bagian dari hasil penelitian dari disertasi Ph.D yang disampaikan kepada Universitas Flinders, Australia Selatan. Penelitian ini mengenai dayah salafi Aceh dan perubahan serta perkembangannya yang terbaru, baik secara umum maupun dalam konteks pesan dari pemerintah tentang perlunya standarisasi dan regulasi studi institusi pendidikan Islam ini. Melalui studi kasus kualitatif dari sebuah dayah salafi yang dipilih secara purposif di provinsi Aceh, Indonesia, penelitian ini mencoba untuk menemukan bagaimana standarisasi atau regulasi dapat memengaruhi dayah salafi dan aktivitas pengajarannya. Hasilnya mungkin merupakan semacam gambaran situasi yang sedang bergerak saat ini. Untuk mendapatkan beragam pandangan untuk penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan wawancara semi-terstruktur, dari berbagai orang dayah salafi, dari petugas pemerintah dan dari seorang peneliti pendidikan Islam senior. Penelitian ini juga menggunakan sumber data lain seperti pengamatan umum dan dokumen yang terkait dengan studi ini.

Dari sudut pandang para guru, karena mereka akan mengubah pengajaran mereka dan mengembangkannya berdasarkan kebutuhan siswa, ini menunjukkan bahwa perkembangan ditujukan untuk siswa dan perubahan dipicu oleh siswa.Hal ini menunjukkan bahwa guru menerima perubahan tetapi memiliki syarat jelas mengenai jenis perubahan apa yang akan diterima, meskipun secara keseluruhan ada tanda-tanda yang cukup jelas bahwa mereka telah beradaptasi, dan akan beradaptasi, dengan keadaan baru.Terdapat elemen penting dalam perubahan ini yaitu tekanan kurikulum dari pemerintah yang berasal dari sekolah biasa yang dijalankan oleh yayasan dayah, dan para guru semakin sadar akan isu kehilangan waktu pengajaran mereka dan kemungkinan bebannya bagi siswa.

Penelitian lebih lanjut dapat mempertimbangkan bagaimana kebijakan pemerintah saat ini dapat lebih selaras dengan kebutuhan pelajar di dayah, mengingat ada kesenjangan antara harapan pemerintah dan realita di lapangan. Mengapa tidak mengadakan studi yang lebih luas yang melibatkan perspektif siswa terhadap metode pengajaran di dayah, mempelajari dampak pembelajaran kontekstual dalam pengembangan karakter mereka? Selain itu, menciptakan forum diskusi yang melibatkan pemangku kepentingan dalam pendidikan agama di Aceh, seperti guru dayah, pejabat pemerintah, dan masyarakat, bisa sangat berguna untuk mengidentifikasi tantangan baru dan strategi yang relevan dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di dayah.

File size252.96 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test