SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model PBL terhadap keterampilan proses sains (PPP) dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan pada siswa kelas delapan MTsN Meureudu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian satu kelompok pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas delapan MTsN Meureudu tahun ajaran 2013/2014. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk menentukan pengaruh penerapan model PBL serta lembar observasi untuk mengetahui kelayakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mempengaruhi PPP dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan pada siswa kelas delapan MTsN Meureudu. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari α (0,05). Selain itu, kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan mengalami peningkatan dengan persentase representasi enaktif 74%, ikonik 63%, dan simbolik 68%.

Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa.(1) Penerapan model PBL mempengaruhi PPP dan pemahaman siswa kelas delapan MTsN Meureudu mengenai bahan kimia dalam makanan.Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji hipotesis yang nilai signifikan lebih kecil dari α (0,05).(2) Kemampuan representasi siswa kelas delapan MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada zat kimia dalam makanan mengalami peningkatan.Kemampuan representasi siswa pada encactive adalah 74%, ikonik 63%, dan simbolik 68%.

Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh model PBL dalam mata pelajaran lainnya, misalnya dalam bidang matematika, untuk melihat apakah penerapan metode ini juga memberikan hasil yang sama dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu, dapat dilakukan penelitian longitudinal untuk memantau perkembangan pemahaman siswa terhadap konsep kimia seiring dengan penerapan model PBL dalam jangka waktu yang lebih lama dan berkelanjutan. Tidak kalah penting, studi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi model PBL di kelas, seperti keterlibatan orang tua dan lingkungan belajar, juga dapat memberikan wawasan baru untuk meningkatkan efektivitas metode pembelajaran ini.

  1. #model problem based#model problem based
  2. #keterampilan proses sains#keterampilan proses sains
File size259.04 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test