UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Studi ini bertujuan memetakan dan merumuskan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah dasar dalam Pendidikan Ideologi Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method melalui teknik Design-Based Research (DBR) dengan melibatkan 80 siswa sekolah dasar di Kabupaten Subang melalui purposive sampling. Hasil penelitian berupa kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk siswa kelas bawah (kelas 1–3 SD) dan kelas atas (kelas 4–6 SD) berdasarkan taksonomi Bloom. Perumusan kompetensi dasar tersebut harus mempertimbangkan tingkat perkembangan siswa serta dasar filosofis, akademis, yuridis, dan sosiologis. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan perlu mengimplementasikan pengembangan ideologi Pancasila melalui pengembangan moral siswa sebagai upaya memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara berjenjang di lembaga pendidikan formal dan informal.

Penelitian menghasilkan kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk jenjang SD (kelas 1–6) yang disusun melalui pendekatan sosiokultural dan terintegrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Implementasi kompetensi tersebut diusulkan untuk dilakukan oleh pihak terkait, khususnya Dinas Pendidikan daerah, agar nilai-nilai Pancasila dapat diinternalisasi secara berjenjang.Penelitian lebih lanjut diperlukan pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi untuk mengeksplorasi dan menyempurnakan kompetensi dasar, serta memperdalam pemahaman relevansi Pendidikan Ideologi Pancasila di berbagai tingkat.

Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan menguji formulasi kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila di jenjang pendidikan menengah pertama, misalnya kelas VII hingga IX, dengan tujuan menyesuaikan taksonomi Bloom pada perkembangan kognitif dan moral siswa SMP serta membandingkannya dengan temuan pada jenjang SD. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif tentang efektivitas dua model pembelajaran, yaitu model terintegrasi yang memasukkan kompetensi Pancasila ke dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta model pembelajaran terpisah sebagai mata pelajaran mandiri, dengan pengukuran hasil belajar, sikap, dan perilaku kewarganegaraan secara kuantitatif dan kualitatif. Akhirnya, riset dapat mengeksplorasi penggunaan media digital interaktif, seperti aplikasi mobile atau platform game edukasi berbasis nilai Pancasila, yang disesuaikan dengan karakteristik generasi milenial dan Gen Z di sekolah menengah atas, serta menganalisis bagaimana pendekatan sosiokultural dapat diintegrasikan dalam pengembangan media tersebut untuk memperkuat internalisasi nilai Pancasila tanpa menambah beban guru di lapangan. Ketiga ide penelitian ini diharapkan dapat memperluas dan menyempurnakan kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila sesuai kebutuhan berbagai jenjang pendidikan dan dinamika era digital.

  1. Single view – International Journal of Current Science Research and Review. single view journal... doi.org/10.47191/ijcsrr/v4-i12-08Single view Ae International Journal of Current Science Research and Review single view journal doi 10 47191 ijcsrr v4 i12 08
  2. Predicting Ideological Prejudice - Mark J. Brandt, 2017. predicting ideological prejudice mark brandt... journals.sagepub.com/doi/10.1177/0956797617693004Predicting Ideological Prejudice Mark J Brandt 2017 predicting ideological prejudice mark brandt journals sagepub doi 10 1177 0956797617693004
  3. THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL, TRANSFORMATIONAL AND SPIRITUAL LEADERSHIP ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS'... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/35641THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL TRANSFORMATIONAL AND SPIRITUAL LEADERSHIP ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS journal uny ac index php cp article view 35641
  4. Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia | International Journal for Educational... doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1617Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia International Journal for Educational doi 10 29103 ijevs v1i5 1617
  1. #esp course design#esp course design
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
File size229.18 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test