STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Artikel ini mengungkap eksplorasi model dan konsep matematika dalam QS An‑Nur: 24:26. Penelitian ini muncul akibat tidak efektifnya pembelajaran matematika yang tidak dimulai dengan pemahaman awal siswa; menurut NCTM, pembelajaran akan efektif bila berlandaskan apa yang telah diketahui siswa. Pada siswa sekolah Islam, pengetahuan awal dapat diekstraksi dari Quran karena Quran berfungsi sebagai alat belajar agama, sehingga ayat‑ayatnya terkandung dalam struktur kognitif siswa dan dapat mempermudah pembelajaran. Sayangnya, sumber belajar matematika dan Quran yang digunakan oleh sekolah Islam belum mencakup seluruh topik matematika, sehingga diperlukan pemodelan ayat‑ayat Quran yang berhubungan dengan matematika. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemodelan matematika dan konsep pada tingkat SMA/ sederajat dengan menggunakan metode analisis Miles dan Huberman yang dipadukan dengan pemodelan Blum‑Leib, teori Abdussakir, dan pendekatan pseudo‑konkret. Hasil kombinasi teori analitis menghasilkan model dan konsep matematika berupa relasi, fungsi surjektif dan bijektif, fungsi invers, serta refleksi.

Penelitian ini berhasil mengidentifikasi pemodelan matematika serta konsep-konsep seperti fungsi bijektif, surjektif, fungsi invers, dan refleksi yang terkandung dalam QS An‑Nur.Pada poin A dan C ditemukan fungsi bijektif dan surjektif, sedangkan poin B dan D menunjukkan fungsi invers.namun hubungan di mana seorang pria dapat memiliki 1‑4 wanita tidak memenuhi definisi fungsi.Secara keseluruhan, konsep‑konsep yang ditemukan saling berhubungan secara invers dan mencerminkan simetri refleksi pada garis Y = X.

Penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis komparatif terhadap sejumlah ayat Quran lain untuk menyusun kumpulan konsep matematika yang lebih komprehensif, sehingga dapat menutupi topik‑topik yang belum tercakup dalam studi ini; selanjutnya, sebuah studi empiris dapat dilakukan dengan desain eksperimental untuk menguji pengaruh penggunaan model matematika berbasis Quran terhadap pencapaian belajar matematika siswa sekolah Islam, membandingkan kelompok yang mendapat pembelajaran tradisional dengan kelompok yang menerima materi berbasis ayat; terakhir, pengembangan serta evaluasi alat pembelajaran digital yang mengintegrasikan model matematika Quran dengan visualisasi pseudo‑konkret dapat memberikan pengalaman belajar interaktif bagi beragam tipe pelajar, dan peneliti dapat menilai efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika serta motivasi belajar.

File size530.07 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test