UNNESUNNES
Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu KependidikanMerujuk pada beberapa hasil evaluasi Kurikulum 2013, beban belajar terlalu besar sehingga membatasi sekolah dalam merancang pendidikan sesuai kondisi masing‑masi, dan sistem pembelajaran yang ada masih menyebabkan siswa memiliki pola pikir tetap. Respons pemerintah adalah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Program Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan program pemilihan mata pelajaran pilihan di Sekolah Penggerak dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan wawancara terhadap tiga guru konseling SMA Negeri 19 Bandung. Hasil menunjukkan program telah dilaksanakan sesuai skema yang dibuat sekolah berpedoman pada pedoman Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi; kegiatan sekolah beragam dan melibatkan kolaborasi internal serta eksternal untuk keberhasilan program. Namun, tantangan tetap ada, antara lain kebutuhan pembaruan berkelanjutan setiap generasi dengan menyesuaikan infrastruktur dan ketersediaan tenaga pengajar agar semangat program terus terwujud, yaitu menciptakan kemandirian bagi setiap siswa. Diharapkan temuan ini menjadi referensi bagi sekolah lain dalam menyiapkan dan melaksanakan skema program pemilihan mata pelajaran yang sesuai dengan kondisi masing‑masing.
Penelitian menyimpulkan bahwa program pemilihan mata pelajaran pilihan di SMA Negeri 19 Bandung telah dilaksanakan sesuai panduan Menteri Pendidikan, didukung oleh kemampuan sekolah dalam melakukan sosialisasi serta pelatihan pemerintah, sehingga menghasilkan mekanisme seleksi yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan melibatkan kolaborasi aktif siswa.Namun, terdapat kendala berupa pemahaman yang beragam di antara siswa dan orang tua serta mispersepsi bahwa program ini mirip dengan program spesialisasi sebelumnya.Oleh karena itu, sekolah perlu melakukan sosialisasi berkelanjutan, termasuk kunjungan rumah, untuk memperdalam komunikasi dengan orang tua dan memastikan keberhasilan program.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh kualifikasi dan ketersediaan tenaga pengajar terhadap efektivitas program pemilihan mata pelajaran pilihan pada berbagai jenis sekolah, untuk mengidentifikasi kebutuhan sumber daya manusia yang optimal. Selanjutnya, studi tentang persepsi siswa dan orang tua terkait program ini serta faktor-faktor yang menyebabkan mispersepsi dapat dikembangkan, dengan tujuan merancang intervensi sosialisasi yang lebih efektif dan meningkatkan pemahaman mereka. Selain itu, penelitian mengenai peran pihak eksternal seperti psikolog profesional dan alumni dalam memperkaya layanan konseling karier dapat memberikan insight tentang strategi kolaboratif yang meningkatkan hasil keputusan karier siswa. Kombinasi ketiga fokus tersebut akan memperkuat implementasi program, memperluas dampak positifnya, dan memberikan panduan kebijakan yang lebih terarah bagi pendidikan merdeka.
- Lacking socioâeconomic status reduces subjective wellâbeing through perceptions of... doi.org/10.1111/bjso.12412Lacking socioyAAAaeconomic status reduces subjective wellyAAAabeing through perceptions of doi 10 1111 bjso 12412
- Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID-19 | Sapitri | Inovasi... doi.org/10.17509/jik.v19i2.44229Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID 19 Sapitri Inovasi doi 10 17509 jik v19i2 44229
- Connecting curricula content with career context: the value of engineering industry site visits to students,... tandfonline.com/doi/full/10.1080/03043797.2020.1806787Connecting curricula content with career context the value of engineering industry site visits to students tandfonline doi full 10 1080 03043797 2020 1806787
- Whatever Happened to Socialization? | Annual Reviews. whatever happened annual reviews review sociology... doi.org/10.1146/annurev-soc-090320-103012Whatever Happened to Socialization Annual Reviews whatever happened annual reviews review sociology doi 10 1146 annurev soc 090320 103012
| File size | 336.91 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | Report |
Related /
UNNESUNNES Solusi yang dapat digunakan antara lain merencanakan jadwal belajar yang fleksibel, selalu melibatkan peserta dalam memilih materi atau topik, memberikanSolusi yang dapat digunakan antara lain merencanakan jadwal belajar yang fleksibel, selalu melibatkan peserta dalam memilih materi atau topik, memberikan
UNNESUNNES 64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang
UNNESUNNES Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi pemenuhan sumber daya dan alokasi pembiayaan pendidikan pada SMK Negeri di Kabupaten Blora guna meningkatkanPenelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi pemenuhan sumber daya dan alokasi pembiayaan pendidikan pada SMK Negeri di Kabupaten Blora guna meningkatkan
UNNESUNNES Salah satu tantangan utama dalam merumuskan kebijakan implementasi sekolah rumah adalah mengharmonisasikan prinsip fleksibilitas dan akuntabilitas. PenelitianSalah satu tantangan utama dalam merumuskan kebijakan implementasi sekolah rumah adalah mengharmonisasikan prinsip fleksibilitas dan akuntabilitas. Penelitian
UNNESUNNES Penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi berperan signifikan dalam membangun kemandirian belajar mahasiswa FIP UNESA, dengan mayoritas responden memperolehPenelitian menunjukkan bahwa budaya literasi berperan signifikan dalam membangun kemandirian belajar mahasiswa FIP UNESA, dengan mayoritas responden memperoleh
UNNESUNNES Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan erat antara pendidikan multikultural dan pembelajaran sejarah di sekolah sebagai upaya menanamkan kesadaranHasil penelitian menunjukkan adanya hubungan erat antara pendidikan multikultural dan pembelajaran sejarah di sekolah sebagai upaya menanamkan kesadaran
UNNESUNNES Responsive curriculum development poses challenging problems for curriculum designers in vocational education and other higher professions, although asResponsive curriculum development poses challenging problems for curriculum designers in vocational education and other higher professions, although as
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Teknik sampling acak dipakai untuk mengambil 8 responden dari total 65 siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Andries Mugaguli, Provinsi Limpopo, AfrikaTeknik sampling acak dipakai untuk mengambil 8 responden dari total 65 siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Andries Mugaguli, Provinsi Limpopo, Afrika
Useful /
UMAUMA Implementasi pemerintahan dinamis di Kabupaten Bojonegoro telah menunjukkan kemajuan signifikan melalui inovasi aplikasi Bojonegoro Traffic InformationImplementasi pemerintahan dinamis di Kabupaten Bojonegoro telah menunjukkan kemajuan signifikan melalui inovasi aplikasi Bojonegoro Traffic Information
UMAUMA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2019Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2019
MDPMDP Peserta dibimbing secara bertahap agar mampu memahami penggunaan platform meskipun berasal dari latar belakang non-teknis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwaPeserta dibimbing secara bertahap agar mampu memahami penggunaan platform meskipun berasal dari latar belakang non-teknis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa
DINASTIPUBDINASTIPUB Variabel PDB tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Variabel inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadapVariabel PDB tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Variabel inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap