UGMUGM
Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of BusinessPengaduan konsumen adalah respons terhadap ketidakpuasan konsumen setelah menggunakan barang atau jasa. Studi ini bertujuan memeriksa pengaruh suku dan generasi terhadap perilaku pengaduan konsumen di Indonesia. Variabel yang digunakan adalah perilaku pengaduan, suku, dan generasi. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis 2.100 data menggunakan analisis deskriptif, ANOVA satu arah, dan regresi linear berganda. Temuan menunjukkan konsumen Indonesia jarang mengadu ketika tidak puas dengan penjual. Generasi Y dan suku Bugis lebih sering mengadu daripada kelompok konsumen lain. Selain itu, hasil menunjukkan perbedaan signifikan dalam perilaku pengaduan berdasarkan suku dan generasi.
Studi menemukan perilaku pengaduan konsumen Indonesia berada pada kategori rendah, dengan mayoritas tidak mengadu ketika tidak puas.Konsumen suku Bugis dan generasi Y lebih aktif mengadu dibanding kelompok lain.Perbedaan signifikan ditemukan antara suku Jawa, Sunda, Batak, dan Malay.Generasi baby boomer berbeda secara signifikan dengan generasi X dan Y.Faktor etnis dan generasi memengaruhi perilaku pengaduan konsumen, dengan kontribusi terbesar dari suku Bugis dan generasi Y.
Penelitian lanjutan dapat membandingkan perilaku pengaduan generasi Alpha di Indonesia, mengkaji dampak penggunaan media sosial terhadap frekuensi pengaduan, atau mengeksplorasi peran faktor kepribadian dalam menentukan pola pengaduan berdasarkan latar belakang etnis. Sementara itu, riset tentang perbandingan efektivitas sistem hukum penyelesaian sengketa konsumen di berbagai daerah juga relevan. Terakhir, kajian tentang pengaruh edukasi konsumen terhadap peningkatan kesadaran mengadu akan memberikan kontribusi signifikan untuk kebijakan perlindungan konsumen.
- 0. endobj filter flatedecode index length prev root size type xref ddhe mediabox parent resources procset... doi.org/10.12700/APH.14.8.2017.8.60 endobj filter flatedecode index length prev root size type xref ddhe mediabox parent resources procset doi 10 12700 APH 14 8 2017 8 6
- DOI Name 10.24912 Values. name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix... doi.org/10.24912DOI Name 10 24912 Values name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix doi 10 24912
- What Do We Mean by “Ethnicity” and “Race”? A Consensual Qualitative Research... mdpi.com/2313-5778/4/3/81What Do We Mean by AuEthnicityAy and AuRaceAy A Consensual Qualitative Research mdpi 2313 5778 4 3 81
- Penanganan Komplain dan Komunikasi Word-Of-Mouth (WOM) | Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. penanganan... doi.org/10.24156/jikk.2019.12.1.75Penanganan Komplain dan Komunikasi Word Of Mouth WOM Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen penanganan doi 10 24156 jikk 2019 12 1 75
| File size | 256.46 KB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES Subjek penelitian adalah siswa di Komunitas Matja Bhaca. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Komunitas Matja Bhaca, Desa Majalangu,Subjek penelitian adalah siswa di Komunitas Matja Bhaca. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Komunitas Matja Bhaca, Desa Majalangu,
UAJYUAJY Pelatihan ini dirancang sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengeditan video. Dengan bantuan materi pelatihanPelatihan ini dirancang sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengeditan video. Dengan bantuan materi pelatihan
UGMUGM Temuan menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok dengan variasi harga rendah dan perubahan harga jarang serta kelompok dengan variasi hargaTemuan menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok dengan variasi harga rendah dan perubahan harga jarang serta kelompok dengan variasi harga
UGMUGM Studi ini memberikan pemahaman awal tentang motivasi konsumen Indonesia dalam membeli makanan lokal menggunakan pendekatan Means-End Chain (MEC). HasilStudi ini memberikan pemahaman awal tentang motivasi konsumen Indonesia dalam membeli makanan lokal menggunakan pendekatan Means-End Chain (MEC). Hasil
Useful /
UMAUMA Di Bangladesh masih tetap kuat stereotip gender yang menganggap bidang STEM eksklusif untuk laki‑laki, sehingga perempuan sejak usia dini mengalami ketakutanDi Bangladesh masih tetap kuat stereotip gender yang menganggap bidang STEM eksklusif untuk laki‑laki, sehingga perempuan sejak usia dini mengalami ketakutan
UNNESUNNES Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan sumber relevan berupa buku, jurnal, ebook, dan sumber bacaan lain yangPenelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan sumber relevan berupa buku, jurnal, ebook, dan sumber bacaan lain yang
UNNESUNNES Kebaruan penelitian ini terletak pada variabel yang belum pernah diteliti sebelumnya. Hasil penelitian mengenai budaya literasi dalam membangun kemandirianKebaruan penelitian ini terletak pada variabel yang belum pernah diteliti sebelumnya. Hasil penelitian mengenai budaya literasi dalam membangun kemandirian
UNNESUNNES Namun, tantangan tetap ada, antara lain kebutuhan pembaruan berkelanjutan setiap generasi dengan menyesuaikan infrastruktur dan ketersediaan tenaga pengajarNamun, tantangan tetap ada, antara lain kebutuhan pembaruan berkelanjutan setiap generasi dengan menyesuaikan infrastruktur dan ketersediaan tenaga pengajar