IRPIIRPI

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer ScienceMALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science

Pt Citra Mustika Pandawa adalah perusahaan yang bergerak dibidang furniture, menjual berbagai perabotan dalam rumah tangga seperti sofa, televisi, rak piring, lemari dan sebagainya. Pengamatan terhadap transaksi data penjualan Pt Citra Mustika Pandawa memberikan pengetahuan dan informasi baru tentang keadaan pasar serta keminatan pelanggan terhadap suatu produk. Metode yang terkenal dibidang bisnis retail adalah Association Rule atau sering dikenal dengan istilah analisa keranjang belanja (market basket analysis).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam menentukan pola pembelian konsumen pada Pt Citra Mustika Pandawa, dapat ditarik kesimpulan dengan melakukan beberapa percobaan dengan menggunakan algoritma K-Means clustering, diperoleh cluster optimal sebanyak 5 cluster.Pada tiap cluster diketahui bahwa terdapat 8 items/produk yang sering dibeli oleh pelanggan pada Pt Citra Mustika Pandawa.

Perusahaan dapat menggunakan hasil analisis ini untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk dengan cara memberikan rekomendasi produk yang tepat kepada pelanggan berdasarkan pola pembelian mereka. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan data mining untuk menganalisis data transaksi dan mengidentifikasi produk yang paling diminati oleh pelanggan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses bisnis. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengembangkan model yang lebih akurat dan efektif dalam menganalisis pola pembelian konsumen.

  1. DATA MINING KLASTERISASI PENJUALAN ALAT-ALAT BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (STUDI KASUS DI TOKO... doi.org/10.36378/jtos.v1i2.24DATA MINING KLASTERISASI PENJUALAN ALAT ALAT BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE K MEANS STUDI KASUS DI TOKO doi 10 36378 jtos v1i2 24
  2. IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK DI CV CAHAYA SETYA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH | PETIR.... jurnal.itpln.ac.id/petir/article/view/416IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK DI CV CAHAYA SETYA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH PETIR jurnal itpln ac petir article view 416
  3. ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH, SELF ORGANIZING MAP (SOM) DAN K MEDOIDS | Ghozali... doi.org/10.24176/simet.v8i1.995ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH SELF ORGANIZING MAP SOM DAN K MEDOIDS Ghozali doi 10 24176 simet v8i1 995
  4. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/1088/1/012020Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1757 899X 1088 1 012020
  5. Implementation of K-Medoids and FP-Growth Algorithms for Grouping and Product Offering Recommendations... ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJAIDM/article/view/8326Implementation of K Medoids and FP Growth Algorithms for Grouping and Product Offering Recommendations ejournal uin suska ac index php IJAIDM article view 8326
File size305.27 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test