UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Studi ini menginvestigasi bagaimana PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa saat menulis teks naratif berdasarkan narasi budaya lokal dalam konteks Bahasa Asing (EFL). Penelitian dilakukan pada 35 siswa kelas IX (dibagi menjadi tujuh kelompok) di SMP Negeri di Bandung, Indonesia, menggunakan metode kualitatif termasuk observasi dan analisis dokumen. Evaluasi kemampuan berpikir kritis menggunakan rubrik Critical Thinking VALUE. Hasil menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan berpikir kritis, dengan siswa lebih me-refleksikan isu budaya, etika, dan sosial. Narasi dengan tingkat berpikir kritis tinggi (HPCT) menunjukkan kompleksitas analisis yang lebih besar dibandingkan narasi dengan tingkat rendah (LPCT). Model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sebagaimana empat dari tujuh kelompok masuk kategori HPCT. Studi ini penting karena penelitian sebelumnya belum banyak menggabungkan konten budaya dengan pengembangan berpikir kritis dalam konteks EFL.

Penelitian ini menemukan bahwa PBL (Pembelajaran Berbasis Proyek) efektif meningkatkan keterampilan menulis dan berpikir kritis siswa EFL.Narasi budaya lokal menjadi alat untuk memperdalam pemahaman budaya dan etika.Siswa yang tergolong HPCT menunjukkan refleksi lebih mendalam terhadap isu sosial dan budaya, sementara LPCT fokus pada solusi praktis tanpa analisis mendalam.PBL perlu disertai panduan lebih sistematis untuk memastikan semua siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis secara optimal.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi efektivitas PBL dalam konteks budaya global lainnya, seperti mitos atau legenda Timur Tengah. Selain itu, perlu dilakukan studi pemetaan jangka panjang tentang bagaimana kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan melalui PBL berkelanjutan hingga jenjang pendidikan berikutnya. Terakhir, kajian penggunaan teknologi digital, seperti multimedia interaktif, dalam mengintegrasikan narasi budaya lokal dan meningkatkan kolaborasi siswa selama PBL.

  1. Improving Reading Comprehension of Narrative text by Using L-B-A (Literature-based Approach) at the Ninth-grade... doi.org/10.71194/jlla.v1i2.100Improving Reading Comprehension of Narrative text by Using L B A Literature based Approach at the Ninth grade doi 10 71194 jlla v1i2 100
  2. Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability | Informal Logic. critical thinking dispositions... doi.org/10.22329/il.v18i2.2378Critical Thinking Dispositions Their Nature and Assessability Informal Logic critical thinking dispositions doi 10 22329 il v18i2 2378
  3. Verbal Phatic Expressions in EFL Student Teachers' Classroom Interaction | Journal of Language Learning... e-journal.naifaderu.org/index.php/jlla/article/view/71Verbal Phatic Expressions in EFL Student Teachers Classroom Interaction Journal of Language Learning e journal naifaderu index php jlla article view 71
  4. Language Development Among EFL Students of English Department in a Public University: A Narrative Approach... doi.org/10.71194/ajmme.v2i1.66Language Development Among EFL Students of English Department in a Public University A Narrative Approach doi 10 71194 ajmme v2i1 66
File size458.65 KB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test