UPIUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana mata dan otak melihat warna. Kami menambahkan informasi mengenai definisi warna serta tinjauan pustaka mengenai teori-teori dan tren penelitian terkini tentang warna, termasuk bagaimana cahaya datang ke objek dan pantulannya ke mata serta otak, sehingga otak menginterpretasikan objek tersebut. Juga, kami mempertimbangkan konsep dan implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam aktivitas pembelajaran untuk mengenali perubahan warna dari warna primer, sekunder, hingga tersier. Untuk mendukung penelitian kami, kami menggunakan analisis bibliometrik, yang membantu kami mengetahui penelitian terkini dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri, khususnya dalam mengenali warna dan perubahan warna dalam pendidikan. Konsep perubahan warna disampaikan kepada anak-anak dengan masalah intelektual ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pengajaran tentang bagaimana mata dan otak melihat warna serta aktivitas pembelajaran untuk mengenali perubahan warna bagi anak-anak dengan masalah intelektual ringan masih jarang dilakukan. Aktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan jika proses pembelajaran dilakukan secara tepat, yang dikonfirmasi oleh hasilnya. Penelitian ini dapat memberikan informasi bagi peneliti dan pendidik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk mengenali perubahan warna pada anak-anak dengan disabilitas intelektual melalui strategi pembelajaran inkuiri.

Aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan pada anak-anak dengan hambatan intelektual ringan di sekolah kebutuhan khusus menunjukkan bahwa siswa umumnya aktif dan dapat memperhatikan penjelasan serta arahan dari guru dengan tertib.Namun, terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam berpartisipasi.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam aktivitas pembelajaran untuk mengenali perubahan warna.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran untuk mengenali perubahan warna pada anak-anak dengan disabilitas intelektual melalui strategi pembelajaran inkuiri dapat diimplementasikan jika proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.Oleh karena itu, percobaan perubahan warna yang dilaksanakan dengan metode inkuiri memberikan hasil yang baik.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penggunaan alat bantu visual dapat lebih meningkatkan pemahaman anak-anak dengan hambatan intelektual ringan dalam mengenali warna dan perubahan warna. Selain itu, penting untuk menyelidiki pengaruh konteks budaya dan lingkungan terhadap proses pembelajaran anak-anak ini, karena hal ini dapat memberikan wawasan tambahan tentang metode yang paling efektif. Terakhir, perlu ada penelitian yang lebih mendalam mengenai pengaruh kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan pembelajaran warna anak-anak dengan disabilitas intelektual, untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan berkelanjutan.

  1. How Eyes and Brain See Color: Definition of Color, Literature Review with Bibliometric Analysis, and... doi.org/10.17509/ijost.v8i3.68623How Eyes and Brain See Color Definition of Color Literature Review with Bibliometric Analysis and doi 10 17509 ijost v8i3 68623
File size1.3 MB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test