UNIDAUNIDA

Jurnal GovernansiJurnal Governansi

Pelayanan publik merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan kinerja pemerintah. Secara spesifik, dalam layanan administrasi kependudukan masyarakat sering kali menghadapi prosedur birokrasi yang berbelit, lama, dan memakan waktu. Pada akhirnya menciptakan peluang bagi oknum untuk menawarkan jalur birokrasi alternatif dengan biaya tambahan, sehingga menurunkan tingkat kepercayaan terhadap pemerintah serta penurunan kualitas layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Untuk meningkatkan pelayanan diperlukan penyederhanaan prosedur, kejelasan, dan kemudahan akses. Pemerintah pusat memberikan wewenang bagi pemerintah daerah untuk membuat inovasi, termasuk di Kota Depok melalui program Sanpel De Prima. Program ini diluncurkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepuasan masyarakat melalui layanan mudah, murah, dan cepat. Melalui penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat efektivitas pelayanan Sanpel De Prima guna peningkatan kepuasan masyarakat serta untuk mendorong jumlah kepemilikan dokumen kependudukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melihat tingkat efektivitas pelayanan Sanpel De Prima. Meskipun masih terdapat berbagai permasalahan yang menghambat efektivitasnya seperti kurangnya transparansi status pengajuan berkas, minimnya sosialisasi program, serta kurangnya jumlah sumber daya manusia dan kurang kompetennya para perangkat yang ada. Sebagai pengukuran guna melihat tingkat efektivitas pada penelitian ini digunakan teori efektivitas oleh Budiani yang melibatkan variabel Ketepatan Sasaran, Sosialisasi Program, Tujuan, dan Pemantauan Program yang diharapkan dapat mengetahui tingkat efektivitas program. Secara garis besar, berdasarkan hasil penelitian dari implementasi program sudah menunjukkan efektivitasnya meskipun dengan beberapa faktor penghambat seperti dari sisi internal perangkat, sarana prasarana, hingga masyarakatnya itu sendiri. Disamping itu, sejalan dengan langkah-langkah perbaikan untuk dapat memenuhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih baik.

Pelaksanaan program Sanpel De Prima berdampak positif terhadap peningkatan antusiasme dan efektivitas layanan administrasi kependudukan di Kota Depok.Program ini disambut baik oleh masyarakat luas karena pengajuan dokumen kependudukan yang mudah, murah, dan cepat.Namun, masih perlu dilakukan perbaikan seperti meningkatkan sosialisasi, penguatan bimbingan teknis, dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Untuk mengembangkan penelitian lanjutan, pertama-tama dapat dilakukan kajian tentang bagaimana implementasi teknologi digital di layanan kependudukan dapat ditingkatkan di daerah-daerah lain, seperti mempertanyakan apakah teknologi yang sama dapat mengurangi birokrasi dan mempercepat proses di kota-kota kecil dengan tantangan infrastruktur serupa. Kedua, penelitian baru bisa mengeksplorasi dampak sosial dari inovasi layanan kependudukan terhadap kelompok masyarakat marginal, misalnya dengan menganalisis apakah program seperti Sanpel De Prima berhasil mengurangi kesenjangan akses dokumen bagi warga miskin atau kelompok minoritas, sehingga memberikan wawasan lebih dalam tentang inklusivitas layanan publik. Ketiga, kajian berikutnya dapat fokus pada evaluasi jangka panjang efektivitas program ini terhadap kepercayaan publik, dengan mempertanyakan bagaimana perbandingan dengan program serupa di negara lain dapat memberikan rekomendasi untuk adaptasi budaya lokal di Indonesia. Dengan menggabungkan saran dari penelitian sebelumnya tentang penguatan bimbingan teknis dan implementasi go digital, ide-ide ini bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang inovasi layanan kependudukan, memastikan bahwa setiap aspek kehidupan masyarakat terkelola dengan lebih baik dan adil.

  1. Vol. 11 No. 1 (2024): June 2024 | Adabi : Journal of Public Administration and Business. june adabi journal... doi.org/10.62066/jpab.v11i1Vol 11 No 1 2024 June 2024 Adabi Journal of Public Administration and Business june adabi journal doi 10 62066 jpab v11i1
Read online
File size377.27 KB
Pages12
Short Linkhttps://juris.id/p-1sc
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test