IIMSIIMS

Jurnal Al Mujaddid HumanioraJurnal Al Mujaddid Humaniora

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar, menggunakan media kartu kata. Meskipun siswa sudah mengenal huruf, mereka masih mengalami kesulitan dalam membaca dengan lancar dan memahami maksud kata yang dibacanya, seperti terlihat dari hasil tes keterampilan membaca. Pra-tindakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM yang ditetapkan. Setelah penerapan tindakan pembelajaran menggunakan media kartu kata, terjadi peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa. Pada siklus I, 11 siswa telah tuntas dan nilai rata-rata mencapai 68,3, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 83,8 dengan ketuntasan klasikal 88,88%. Penggunaan media kartu kata dengan ejaan suku kata dan warna yang bervariasi ternyata berhasil menarik minat siswa dalam belajar membaca, serta melibatkan mereka secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pelaksanaan tindakan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata efektif meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD.Kondisi awal menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 59,4 dengan ketuntasan yang rendah, namun setelah penerapan media kartu kata, terjadi peningkatan signifikan pada siklus I (rata-rata 68,33) dan siklus II (rata-rata 83,8).Peningkatan ini ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal 88,88% pada siklus II, yang jauh melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan, menunjukkan keberhasilan intervensi media kartu kata.

Melihat keberhasilan media kartu kata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas satu, ada beberapa arah penelitian lanjutan yang bisa digali untuk memperkaya pemahaman kita. Pertama, akan sangat bermanfaat untuk meneliti sejauh mana media kartu kata ini dapat menunjukkan efektivitas serupa di berbagai konteks sekolah, seperti di daerah perkotaan padat penduduk atau di wilayah pedesaan dengan fasilitas terbatas, dan melibatkan populasi siswa yang lebih besar serta lebih beragam. Penelitian semacam ini dapat membantu kita memahami apakah metode ini memiliki kemampuan untuk digeneralisasi dan diterapkan secara lebih luas di seluruh Indonesia, serta mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang mungkin memengaruhi keberhasilannya. Kedua, penting untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penggunaan media kartu kata pada perkembangan literasi siswa. Apakah peningkatan keterampilan membaca permulaan yang dicapai dengan kartu kata ini berlanjut menjadi kemampuan membaca pemahaman yang lebih dalam dan luas di jenjang kelas yang lebih tinggi, misalnya hingga kelas tiga atau empat? Studi longitudinal dapat melacak perkembangan siswa yang terpapar media ini untuk melihat bagaimana fondasi membaca yang kuat ini menopang kemampuan literasi mereka di masa depan. Terakhir, penelitian komparatif akan sangat berharga untuk membandingkan efektivitas media kartu kata dengan strategi atau media pembelajaran membaca permulaan lainnya yang saat ini populer, seperti penggunaan aplikasi digital interaktif atau metode fonik tradisional. Selain itu, peneliti dapat mengkaji lebih dalam elemen desain spesifik dari kartu kata yang paling berkontribusi terhadap keberhasilan. Misalnya, apakah variasi warna, ukuran huruf, atau cara penyajian suku kata memiliki dampak yang berbeda dalam menarik perhatian dan memfasilitasi proses belajar siswa, sehingga kita bisa mengoptimalkan desain media pembelajaran yang ada.

  1. Page: Index.php. page index editorial board articles authors journal policies contact submit article... doi.org/10.31838/jcr.07.09.110Page Index php page index editorial board articles authors journal policies contact submit article doi 10 31838 jcr 07 09 110
  2. Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion... mdpi.com/2079-3200/11/3/54Creativity Critical Thinking Communication and Collaboration Assessment Certification and Promotion mdpi 2079 3200 11 3 54
  3. The effect of creative problem solving with the intervention social skills on the performance of creative... doi.org/10.3846/cs.2021.12364The effect of creative problem solving with the intervention social skills on the performance of creative doi 10 3846 cs 2021 12364
  4. Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education... doi.org/10.33258/biolae.v2i1.220Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education doi 10 33258 biolae v2i1 220
Read online
File size272.62 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1pb
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test