STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI

Jurnal Ilmiah El Makrifah PGMIJurnal Ilmiah El Makrifah PGMI

Tujuan penulisan ini adalah membahas keragaman budaya bangsa Indonesia, moderasi beragama dalam keragaman dan peran pendidikan Islam dalam mewujudkan kedamaian bangsa Indonesia. Pendidikan Islam merupakan faktor strategis dalam mencetak generasi moderat. Bangsa Indonesia memiliki masyarakat yang beragam budaya dengan sifat kemajemukannya. Untuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu dikembangkan menjadi kajian yang lebih komprehensif untuk dilakukan reformasi pendidikan Islam pada semua komponennya. Pendekatan ini meliputi empat level pendekatan, yaitu pendekatan kontributif, pendekatan aditif, pendekatan transformatif, dan pendekatan aksi sosial. Beberapa prinsip pengembangan kurikulum yang digali dari prinsip moderasi dan pendekatan yang digunakan akan melahirkan konstruksi kurikulum pendidikan Islam berbasis moderasi Islam.

Pendidikan Islam sebagai elemen strategis penting untuk mencetak generasi moderat.Pengembangan pendidikan Islam dengan moderasi Islam sebagai paradigma dan arus utama menjadi kunci, sebab moderasi menjadi identitas dan karakter dasar.Oleh karena itu, moderasi Islam perlu ditekankan lebih lanjut melalui kajian komprehensif untuk reformasi pendidikan Islam di Indonesia.

Sebuah studi empiris dapat dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan transformatif dalam kurikulum pendidikan Islam, menilai pengaruhnya terhadap sikap toleransi dan partisipasi sosial siswa. Penelitian komparatif antara sekolah negeri dan madrasah yang mengimplementasikan pendekatan aksi sosial dapat memberikan wawasan tentang kelebihan dan kendala adaptasi kurikulum moderasi di berbagai konteks daerah. Penelitian longitudinal dapat memantau dampak jangka panjang implementasi moderasi Islam terhadap pembentukan identitas keislaman moderat dan kinerja akademik, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memicu keberhasilan atau kegagalan reformasi tersebut.

  1. Islam Wasa?îyah dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi | Mutawatir : Jurnal Keilmuan... jurnalfuf.uinsa.ac.id/index.php/mutawatir/article/view/850Islam Wasa yyah dalam Perspektif Hadis Dari Konsep Menuju Aplikasi Mutawatir Jurnal Keilmuan jurnalfuf uinsa ac index php mutawatir article view 850
  1. #berpikir kebenaran pendidikan islam#berpikir kebenaran pendidikan islam
  2. #moderasi islam#moderasi islam
Read online
File size519.76 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test