STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI
Jurnal Ilmiah El Makrifah PGMIJurnal Ilmiah El Makrifah PGMITujuan penulisan ini adalah membahas keragaman budaya bangsa Indonesia, moderasi beragama dalam keragaman dan peran pendidikan Islam dalam mewujudkan kedamaian bangsa Indonesia. Pendidikan Islam merupakan faktor strategis dalam mencetak generasi moderat. Bangsa Indonesia memiliki masyarakat yang beragam budaya dengan sifat kemajemukannya. Untuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu dikembangkan menjadi kajian yang lebih komprehensif untuk dilakukan reformasi pendidikan Islam pada semua komponennya. Pendekatan ini meliputi empat level pendekatan, yaitu pendekatan kontributif, pendekatan aditif, pendekatan transformatif, dan pendekatan aksi sosial. Beberapa prinsip pengembangan kurikulum yang digali dari prinsip moderasi dan pendekatan yang digunakan akan melahirkan konstruksi kurikulum pendidikan Islam berbasis moderasi Islam.
Pendidikan Islam sebagai elemen strategis penting untuk mencetak generasi moderat.Pengembangan pendidikan Islam dengan moderasi Islam sebagai paradigma dan arus utama menjadi kunci, sebab moderasi menjadi identitas dan karakter dasar.Oleh karena itu, moderasi Islam perlu ditekankan lebih lanjut melalui kajian komprehensif untuk reformasi pendidikan Islam di Indonesia.
Sebuah studi empiris dapat dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan transformatif dalam kurikulum pendidikan Islam, menilai pengaruhnya terhadap sikap toleransi dan partisipasi sosial siswa. Penelitian komparatif antara sekolah negeri dan madrasah yang mengimplementasikan pendekatan aksi sosial dapat memberikan wawasan tentang kelebihan dan kendala adaptasi kurikulum moderasi di berbagai konteks daerah. Penelitian longitudinal dapat memantau dampak jangka panjang implementasi moderasi Islam terhadap pembentukan identitas keislaman moderat dan kinerja akademik, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memicu keberhasilan atau kegagalan reformasi tersebut.
| File size | 519.76 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIMUNSTAIMUN Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi analisis statistik lanjutan, studi kasus komparatif, perluasan sampel penelitian, dan pengembangan instrumenRekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi analisis statistik lanjutan, studi kasus komparatif, perluasan sampel penelitian, dan pengembangan instrumen
UINSATUUINSATU Artikel ini berargumen bahwa kebijakan negara di bidang pendidikan merupakan kunci masa kemajuan umat Islam pada masa lalu. Budaya ilmiah mulai dari tradisiArtikel ini berargumen bahwa kebijakan negara di bidang pendidikan merupakan kunci masa kemajuan umat Islam pada masa lalu. Budaya ilmiah mulai dari tradisi
RAHARJARAHARJA Dengan penggunaan sistem ilearning survey dapat mengetahui respon yang didapat dari customer atas pelayanan iDuHelp. Sistem ilearning survey diberikanDengan penggunaan sistem ilearning survey dapat mengetahui respon yang didapat dari customer atas pelayanan iDuHelp. Sistem ilearning survey diberikan
RAHARJARAHARJA Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kepada stakeholder pada bagian marketing. Penelitian ini dibatasi pada proses mendapatkan dataTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kepada stakeholder pada bagian marketing. Penelitian ini dibatasi pada proses mendapatkan data
POLNESPOLNES Data collection techniques using quantitative methods. The analysis test used the classical assumption test, namely the normality test, multicollinearityData collection techniques using quantitative methods. The analysis test used the classical assumption test, namely the normality test, multicollinearity
MAHARDIKAMAHARDIKA Kesimpulan: Kegiatan konsultasi berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang ICU. Kecemasan pada keluarga pasien sebelum konsultasiKesimpulan: Kegiatan konsultasi berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang ICU. Kecemasan pada keluarga pasien sebelum konsultasi
IAIN SUIAIN SU Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasionalKebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional
IAIN SUIAIN SU Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan sistem pendidikan nasional terhadap keberadaan pendidikan Islam dan pendidikan sekular. PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan sistem pendidikan nasional terhadap keberadaan pendidikan Islam dan pendidikan sekular. Penelitian
Useful /
RAHARJARAHARJA Selain itu seiring dengan meningkat dan menumpuknya data transaksi yang disimpan ke database dari tahun ke tahun akan mengurangi aselerasi tingkat pencapaian,Selain itu seiring dengan meningkat dan menumpuknya data transaksi yang disimpan ke database dari tahun ke tahun akan mengurangi aselerasi tingkat pencapaian,
RAHARJARAHARJA Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi sistem iRangers dengan platform media sosial atau aplikasi mobile lainnya untuk meningkatkan keterlibatanSelain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi sistem iRangers dengan platform media sosial atau aplikasi mobile lainnya untuk meningkatkan keterlibatan
IAIN SUIAIN SU Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan profesionalitas guru dalam konsep Tafsir Al-Mishbah dapat dilakukan melalui upaya membangun kompetensi guruHasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan profesionalitas guru dalam konsep Tafsir Al-Mishbah dapat dilakukan melalui upaya membangun kompetensi guru
IAIN SUIAIN SU Gagasan Barat tentang pendidikan lingkungan hidup bukan merupakan gagasan baru, sebab Islam telah menunjukkan urgensi pemanfaatan dan pemeliharaan alamGagasan Barat tentang pendidikan lingkungan hidup bukan merupakan gagasan baru, sebab Islam telah menunjukkan urgensi pemanfaatan dan pemeliharaan alam